Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Mengatasi Penyakit Tanaman Daun Melon Layu, Menguning, Embun Tepung


Penyakit tanaman melon oleh golongan virus yang sering bikin mabuk para petani melon salah satunya adalah virus kerdil, nekrosis, dan mosaik ringan.

Gejala penyakit ini antara lain; mosaik, kerdil, klorosis, yang terkadang diikuti nekrotik streak pada batang.

Penyebabnya ; tobaco virus mosaik / tmv, tomato mosaik virus.

Tanaman inang ;Tomat, tembakau, ketimun, kentang, ceplukan, badotan

Pengendalian; gunakan antivirus, Melakukan rotasi / pergiliran tanaman dengan tanaman bukan inang virus (terutama bukan dari famili solanaceae seperti tomat, cabai, kentang, tembakau, dan famili cucurbitaceae seperti mentimun).

Rotasi tanaman akan lebih berhasil apabila dilakukan paling sedikit dalam satu hamparan, tidak perorangan, dilakukan serentak tiap satu musim tanam, dan seluas mungkin; sanitasi lingkungan, terutama mengendalikan tumbuhan pengganggu/gulma yang dapat menjadi tanaman inang virus.

Pertumbuhan batang yang kuat dan besar akan menguatkan tanaman melon itu sendiri meski di dera hujan dan penyakit virus gemini/kuning. padahal tanpa pestisida jamur, bakteri dll.

=====================

Terus bagaimana cara mengatasi tanaman melon yang layu seperti gambar .. ada beberapa yang layu dan yang seger..

akar kering .. nyerang tanaman melon yang udah mulai berbuah/ pentil.. dulu cuma beberapa.. setelah di airi / lep.. malah tambah banyak.. Apa mungkin kebanyakan air? padahal pengairan tidak sampai banyak.. air juga tidak tergenang lama.. langsung meresap.. yang terdampak tidak saya lep.. takut nular..

Saya melakukan 3-4 hari sekali pengairan. Sebelumnya lahan di atasnya ditanami melon.. terus terdampak banjir gagal panen. . ini yang di tanami melon sekarang belum pernah ditnami melon sebelumnya hanya padi dan padi terus..




Ada kemungkinan tanaman melon terserang penyakit layu bakteri, agar tidak menular tanaman yang sudah layu sebaiknya di musnahkan saja.

Melihat gjalanya, kemungkinan kena penyakit disebabkan bakteri (layu bakteri), gunakan bakterisida, mungkin juga kena hama uret kalau dibongkar tanahnya ada uretnya. ( coba gali). Secepatnya dibongkar dan bakar tanaman yang sakitnya.

Atau jika melonnya tanpa lanjaran,.. biasanya akar melon tidak rekat dengan pijakan tanah yang ditanami,.. bisa jadi akar melon tidak masuk ketanah melainkan hanya merambat dimulsa plastik, coba dicek lagi.

Berdasar pengalaman kalau dari kronologisnya itu karena sistem pengairan tidak stabil. Kalau dari awal/kecil lahan terbiasa di genang/ di lep air, usahakan terus digenang air. Kalau dari awal terbiasa lahannya kering cuma di kocor aja, jangan sekali-kali di genang/ di lep. Biasanya akan muncul layu. Karena kondisi air yang ga stabil akar akan stres. Bila ada asumsi yang lebih baik monggo, sharing pengalaman.

Ini melon sistem lasah milik p. Yahya, Umur 50 hst, masih ada yang layu meskipun sedikit. Kondisi lahan kering dari awal tanam, karena air sulit ga bisa di lep air.


Kesimpulan : Layu kurang air, layu kebanyakan air, layu busuk batang, layu bakteri, Layu pada tanaman melon banyak penyebabnya.

 ============================

Daun melon saya terserang penyakit apa ini lur??

mengatasi hama cabuk tanaman melon

mengatasi penyakit cacar tanaman melon

pestisida organik tanaman melon untuk embun tepung

Kalau dilihat itu sepertinya cabuk, tapi kalau bukan cabuk berarti itu cacar daun, kalau memang itu cacar daun dulu aku pakai benlate 1cendok tiap 1tanki 15lt kalau gak ada nativo 5 ml per 15 liter.

Itu muncul biasane kalau pagi sampai tengah hari panas kemudian jam 3an sore hujan terus paginya mendung atau gerimis.. biasane terus muncul kayak itu.. bawah daun ada lendir kalau kering warna putih.

Itu mnurut aku cacar daun obate ya aku pakai benlet, tapi kalau cuaca stabil panas gak keluar itu.. itupun munculnya pada daun 3 sampe 10 setelah itu gak muncul.. tapi tetap mengganggu buahe....

benlate

Mungkin ada kawan-kawan yang punya pengalaman dengan penyakit tanaman melon, dan cara mengatasinya? silakan sharing

Post a Comment for "Mengatasi Penyakit Tanaman Daun Melon Layu, Menguning, Embun Tepung"