Wednesday, February 14, 2018

Rumput/Dedaunan yang Baik Tidak/Boleh untuk Pakan Ternak Kambing

rumput-odot

==>Jenis Rumput Terbaik untuk Pakan Kambing

Rumput/Suket Gajah Kalau doyan mah ga apa apa.. Tapi lebih baik di fermentasi dulu supaya kandungan nutrisinya meningkat dan lebih lunak kontur rumputnya.

Rumput gajah sih oke-oke saja, tapi masih sangat perlu makan penguat yang lain seperti katul, polar, ampas tahu atau yang lain dengan cara di kombor.

Selain itu karakter kambing adalah makan dedaunan , sedangkan rumput gajah adalah jenis rerumputan. Untuk merubah karakter itu perlu waktu dan pembiayaan . Rumput gajah yang di sukai kambing adalah 25-30 cm setelah di potong.

Sesuai karakternya kambing adalah pemakan dedaunan . Bisa diberi daun mangga , turi, lamtoro, nangka, belimbing, gamal, daun advokad dll.

Konsentrat, Daun kelapa, daun trembersi, daun mahoni dll capek nulisnya.

Daun singkong juga boleh asal jangan diberikan segar dan jangan sering2. Di buat layu dulu biar sianida berkurang.

Kasih rumput odot bisa.. tidak banyak bulunya karena kalau nggak di cacah pakai mesin sering koropeng pada mulutnya.. kalau kambing gak suka odot, mungkin kambing belum terbiasa.

Kalau rumput odot makanan utama, sebaiknya divariasi dengan hijauan lainnya. Ampas ketela plus kulit kedelai = makanan penguat, sudah cukup memadai, asalkan rutin.

Secara prinsip sudah memenuhi sumber energi dan protein. Rumput rutin diberikan. Kalau untuk penggemukan, kulit kedelai dan ampas ketela bisa diberikan sekitar 300-500 gram untuk bobot 20-25 kg kambing. Itu sudah untuk hidup pokok dan nambah bobot badan. (Darimana angka kebutuhan ini? Cukup panjang hitungannya hehe..)

perbandingan ampas ketela : kulit kedelai = 70 : 30

Tingkat palabilitas, kedokohan kerakusan makan, lebih bagus odot dari gajahan. Ruas batang 2cm, batang lunak jadi tidak ada sisa biarpun tidak di coper. Daunya lebih tebal, lebih banyak, bulunya tidak tajam. Tinggi tanaman maksimal 1mt. Tidak tahan di lahan kering, pertumbuhannya cepet.


==>Rumput/rambanan yang nggak boleh dikasihkan kambing pada waktu hamil apa saja ya???... yang menyebabkan keguguran. .

Daun randu. Trembesi, daun alpukat.
Daun bunga sepatu (worawari) sama lung ketela rambat kalo banyak juga bahaya.


==>Jenis Rumput atau Dedaunan yang tidak Boleh dimakan Kambing

Rumput Alang-alang, kasian wedhuse karena tajam rumputnya.


==> Pakan alternatif kambing selain rumput
jika kambingnya sudah banyak, bikin pakan fermentasi. enak sminggu ngarit pisan..tapi harus punya mesin pencacah hijauan.

Semua tumbuh-tumbuhan yang tidak beracun (tumbuh-tumbuhan meluputi daun,batang,akar, kulit, batang, kulit buah, buah, bunga, akar beserta olahannya/turunannya)
Misal daun pandan, daun beringin Jati, singkong, lantoro,
akar : singkong wortel kentang ubi jalar dll,
bunga : bunga turi mbunga pepaya, bunga pisang ,bunga duren dll,
batang : batang singkong, batang gamal, batang lantoro, batang pisang, batang pepaya dll,
kulit pepaya, kulit semangka, kulit manggis, kulit pisang dll,
buah terong , pepaya, kacang2an, mangga, melon lengkeng stobery dll
Olahannya : dedak polard, ampas tahu , ampas kecap, roti apkir dll.

Pokoknya banyak makanya heran kalau kita kesulitan pakan, yang penting di pelajari bagainama dan seberapa banyak yang bisa dikasihkan ke kambing biar sehat kambingnya, yang jelas pemberian kebanyakan tidak bagus.

Hal yang terpenting biasakan memberi pakan ternak paling sedikit 5 macam sumber pakan kalau bisa lebih dari 5 lima karena akan saling melengkapi tidak kebanyakan salah satu.

Gampangnya gini Perut kambing itu ada batasnya jadi kalau di kasih 1 macam bisa kelebihan dan bisa jadi racun yang sering terjadi itu karena banyak daun lantoro di kasih aja daun lantoro akhirnya kembung tapi kalau kita kasih bermacam-macam tidak akan terjadi hal itu.

Semoga bermanfaat. kalau ada yang ditanyakan, boleh lewat kolom komentar di bawah.

1 comment:

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.