Monday, February 26, 2018

Prosedur, Biaya Tiket & Karantina Membawa Hewan di Bandara Naik Pesawat

membawa kucing naik pesawat

Persyaratan hewan peliharaan seperti kucing buat naik pesawat gampang ko dan tidak lama.. Cukup si mpus sudah di vaksin khususnya rabies.. Dan minta surat jalan dari dinas peternakan. Lalu buku vaksin dan surat dari dinas bawa ke karantina yang ada di bandara.

Di karantina kita cuma ngisi identitas dan nanti keluar surat jalan dari karantina. Beres...

Saya biasa bawa kucing bolak balik BANDUNG - KENDARI SULAWESI TENGGARA di tenteng ke bagasi pesawat.

Tapi juga harus tanya maskapai yang bersangkutan, mereka mengizinkan gak bawa hewan.


Ongkir berapa mba kalo kucing dibawa pake pesawat ?
Kucing di timbang saat kita cek in. Bikin surat juga ke kapten pesawatnya buat ngasih oksigen ke ruangan. Waktu kucing saya di timbang 4 kilo + pet cargo nya ikut di timbang. Bayar 100-150'an.

Saya naik pesawat dari bandara Husen sastranegara dan sebaliknya dari Haluoleo.

Aku ke karantina sebelum terbang. Misal besok nya aku terbang. Nah hari ini nya aku ke karantina bawa surat dari dinas + bukti vaksin + kucing nya di bawa. Jadi pas besok nya terbang udah santai.. Tinggal kasih surat jalan dari karantina.

Jadi kucing gak nginep di karantina. Si dokter, di karantina cuma mau mastiin aja si kucing sehat apa engga.. Di liat bener ga identitas kucing nya sesuai sama surat yang di kasih dari dinas peternakan.
Udah cuma bentar ga sampai setengah jam.. Keluar deh surat dari karantina nya buat jalan ke pesawat.

Karena KTP aku bandung barat, dinas peternakan ada di padalarang. Kalau Kota bandung kalau ga salah deket bandara deh dinas peternakan nya.

O iya ada yang lupa, di dinas peternakan/pusat karantina cuma bayar 20 rb - 25 rb an untuk surat jalan.. Terus vaksin rabies gratis untuk di bandung, Kabupaten Bandung juga gratis. Dan urus surat di pusat karantina nya minimal 3 jam sebelum keberangkatan.

Jadi intinya, kalau ada surat sehat dari drh dan pasti harus ada buku vaksinnya, tidak perlu nginap dikarantina, namun tetap harus lewat karantina sekalian check dokumennya.

Tidak perlu beli ticket, misalnya hak bagasi kita 20kg, kucingnya akan ditimbang BBnya, jika berat badannya 8kg, tinggal dikurangin dengan hak bagasi kita... nanti kucingnya mereka masukin di bagasi tapi khusus hewan dan tidak dicampur dengan bagasi barang dan langsung terbang (satu pesawat) bersama ownernya.

Semoga bermanfaat info saya ini.

49 comments:

  1. jadi tidak perlu biaya tambahan ya untuk si kucing? soalnya saya juga mau bawa kucing saya. ngomong2 ini naik pesawat apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya kak, kebetulan aku lagi urus untuk karantina kucing (pesawat lion surabaya - banjarmasin). Biaya urus surat di dinas aku keluar 150rb + vaksin 80rb. Nah, nanti dikarantina keluar biaya surat 25rb. Kalau biaya bagasi, menurut lion air mereka dikenakan biaya diluar jatah free bagasi kita. Jadi meskipun kita punya jatah 20kg, hewan yg dibawa tetep harus bayar seperti over baggage karena ada perlakuan khusus dari maskapai. Biayanya dikenakan minimal 5kg (include kandang), kalo surabaya-banjarmasin 18.700rb per kg. Jadi meski berat hewan kurang dari 5kg, tetep dikenakan harga 5kg. Lebih dari 5kg, bayar selebihnya dihitung per kg.

      Setau aku aja, maskapai indonesia yg mau bawa hewan cuman lion dan sriwijaya.

      Delete
    2. Gak pkk check lab kah mba??

      Delete
    3. mau nnya juga, saya dari sby mw k kalimantan. saya mw karantina hewan selain kucing / anjing, hewan peliharaan saya sugar glider. bakal sama prosedurnya apa lebih mudah kira"? thanks

      Delete
  2. Ga di cek darah kucing nya ? Rencana saya mw bawa kucing k bndung dri palembang, Ko sya nanya ke balai katantina palembang harus d cek darah dulu kucing nya , dn harus minta surat pemasukan di daerah tujuan nya , gimna ya kalo gtu sya bingung

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Maaf aku mau nanya juga ,, kalau surat keterangan sehat dari dokter hewan sma buku vaksin bisa ga?? Tanpa surat rekomendasi dari dinas pertanian..

    Terus ada syarat khusus utk pet Carriernya ga??
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  5. Kl pas lebaran nanti apa prosedurny sama? Trus contoh surat utk kapten pesawatnya agar kasih oksigen gmn?

    ReplyDelete
  6. Apa boleh saya minta kontak personnya? Soalnya saya tanggal 31 mei mau bawa kucing dari malang-surabaya-pontianak naik pesawat lion air. Biar lebih efektif untuk bertanya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana Mas prosedurnya kemaren yg bawa kucing dri malang sby-pontianak .
      Soalny aku juga mau bawa kucingku pulang k Singkawang?

      Delete
    2. Sy jg mau bawa kucing saya dr pontianak ke jogya.gimana ribet gak

      Delete
  7. Ini kan berlaku buat anjing dan kucing, kalo kelinci berlaku juga?surat dari dinas pwternakan dan vaksinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah bisa bawa kelincinya kah mba?

      Delete
    2. Untuk semua binatang (domestik) prosedurnya sama kok.

      Delete
  8. Surabaya ke denpasar bisa bawa burung?

    ReplyDelete
  9. Pengalaman sya klo bawa dari jkt ke mks mesti ada surat trima dari dinas peternakan makassarnya...trus kena biaya over bagasi dgn hitungan minimal berat kucing 5kg klo lion air

    ReplyDelete
  10. Trus pesawat apa yah klo tinggal dikurangi bagasi

    ReplyDelete
  11. Kalo kita mau bawa anjing kita gimana?

    ReplyDelete
  12. Gimn ya saya mw beli kucing online dari jawa tengah kata sipenjual nya biayaya ongkir maskapai delapan ratus rebu, dan kata nya sipenjual harus dikirim ke surabaya dulu baru sampe badara kualanamo medan. Kasih info dong master dimn ada jual kucing online yg terpercaya, dan yg udah ahli soal kirim mengirim. Tanks

    ReplyDelete
  13. Gimn ya saya mw beli kucing online dari jawa tengah kata sipenjual nya biayaya ongkir maskapai delapan ratus rebu, dan kata nya sipenjual harus dikirim ke surabaya dulu baru sampe badara kualanamo medan. Kasih info dong master dimn ada jual kucing online yg terpercaya, dan yg udah ahli soal kirim mengirim. Tanks

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Gimn ya saya mw beli kucing online dari jawa tengah kata sipenjual nya biayaya ongkir maskapai delapan ratus rebu, dan kata nya sipenjual harus dikirim ke surabaya dulu baru sampe badara kualanamo medan. Kasih info dong master dimn ada jual kucing online yg terpercaya, dan yg udah ahli soal kirim mengirim. Tanks

    ReplyDelete
  16. Kalau usia kucing nya ada minimal nya gak ya harus usia brp blh naik pesawat?

    ReplyDelete
  17. Kalau mau bawa kelinci bisa gak ya...?rencana mau bawa kelinci prosedurnya sma gak kyk prosedur klinci atau ajing mohon jwaban nya..

    ReplyDelete
  18. Bantu jawab mba... Soalnya bulan desember 2018 besok saya mau bawa kucing dari pekanbaru-jakarta, kira2 biaya dan persyaratannya brapa dan apa aja y mba? Tolong dijawab yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, bagaimana perjalanan membawa kucing nya, apakah bisa?

      Delete
    2. Kak gmn bisa ga bawa dr pekan baru ke jkt? Saya juga rencana mau bawa dr pku ke jkt

      Delete
  19. Ane mau bawa musang bulan bisa kadak gan

    ReplyDelete
  20. Maaf sebelumnya...mau impor ayam dari Vietnam kira2 kena biaya bea cukai berapa

    ReplyDelete
  21. Kucing hamil boleh ga naek pesawat?

    ReplyDelete
  22. Kalau anjing boleh ga ya.. Saya mau bawa balik dari jakarta ke pontianak

    ReplyDelete
  23. Ikut sharing jg kmrn tgl 2 januari suami sy bw Sugar glider sejenis tupai terbang amerika dr jogja k tarakan naik lion kena biaya 325rb di pesawatny. SG kena charge 5kg bagasi diluar bagasi yg qt dpt 20kg. Trs di karantina byr 16 rb,surat sehat dr dokter kena biaya 110rb dan di dinas pertaniannya g kena biaya. Utk hewan yg dibw walau g sampe 5kg beratnya tetap dihitubg min 5kg beratnya. Info jg surat karantina brrlakuny 3 hr dan surat sehat dr dinas or dokter berlaku 7 hr. Jd estimasikan waktu jika mw bw binatang supaya g kadaluarsa surat yg udh diminta. Bw hewan ap az bisa yg penting ad surat sehat dr dokter hewan dan surat jln dr balai karantina setempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa hewan ke karantinanya berapa hari atau berapa jam sebelum penerbangan ?

      Delete
    2. Cek leb rabies nya gak mbk ??klo SKKH ny dri dr hewan drs gak papa ya ??gak mesti ke dinas peternakan ,tlg bls makasi

      Delete
  24. mau tanya nih. kalo pake kapal sama gak?

    ReplyDelete
  25. Mau nanya nih klo bwa kucing di kpl boleh engak ? Soalx aku dri surbya mau brngkat ke sulawesi tenggah tolong dong ksi infox

    ReplyDelete
  26. Mohon infonya dong, jd gini,sy skrg tinggal di jakarta utara,tp KTP sy bukan domisili jakarta utara dan sy mau pulang kampung bawa piaraan,untuk minta surat keterangan kesehatan hewan di dinas pertaniannya gimana ya? Mungkin ada yg punya pengalaman serupa mohon infonya,terimakasih

    ReplyDelete
  27. Mohon infonya dong,kenapa saya bawa burung murai 2 ekor d suruh bayar 1300000 ribu..persyaratan saya komplit surat jalan dr dinas pertanian,karantina.naik pesawat maskapai sriwijaya

    ReplyDelete
  28. Bdrlampung jogja kena 1jt klo lion trnsit jkt kena 130.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak tnya gimana prosedur bawa kucing dr bandarlampung
      Jika ada kontak, boleh saya tnya2

      Delete
  29. saya mau tanyak kak.. kalau misalnya kita ingin membawak pulang satu ekor ayam dari negara thailand ke indonesia biasanya kenak biaya berapa ya kak

    ReplyDelete
  30. Ada pengalaman yang bawa kucing dari pekanbaru ke jkt? Tolong share

    ReplyDelete
  31. untuk bawa kucing apa ada asuransi ? dan untuk surat - surat apkah ada biaya jaminan ?
    terima kasih

    ReplyDelete
  32. Jangan beli kucing yang terlalu jauh,kasihan. Sama saja menyiksa hewan.
    Saya pernah beli dari kediri kirim ke jabar naik kereta saja sampai sekarang masih merasa bersalah.
    Kucing tiba di setatsiun penerimaan 18 jam.
    Coba bayangkan betapa haus, lapar, pegal dan ketakutannya.

    Usahakan beli hewan peliharaan yang dekat2 saja kak.

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.