Sunday, February 25, 2018

Cara Budidaya, Memasak Olahan & Nama Ilmiah Jual Jamur So/Melinjo/Tangkil

jamur tangkil

Jamur legendaris ini selalu tumbuh di sekitaran pohon melinjo, pokoknya asal ada pohon melinjo pasti ada jamur itu di sekitarnya, sebut saja "jamur melinjo", di daerahku namanya jamur so ...

Yang masih putih enak di masak tuh.. kayak tahu. dikupas diambil daging yang putih kalau tua hitam/abu-abu tidak bisa dimakan. Kalau yang masih muda warna dagingnya putih, atau sudah agak tua warnanya hitam masih bisa dimakan.

Jamur So atau Melinjo rasanya seperti makan putih telur, lebih enak.ini... teksturnya kenyil kenyil... wenak banget.

Di tempat lain jamur so ada yang menamakan 
  • jamur kodok karna kulitnya hitam bintik-bintik seperti kulit kodok. 
  • Ada juga yang menyebutnya jamur lutung, 
  • ada juga  yang menamai jamur kabu 
  • jamur mata kerbau. 
  • SUPA KEBUK

Jadi inget masa kecil dulu.

Waktu kecil jamur tangkil/So ini buruanku enak kenyal rasanya, enak dipepes. Dibungkus daun pisang dikasih garam terus dibakar ..suka bangett. Paporitku banget.. kalau nemu beginian dikebun serasa nemu harta karun sayang gak bisa dibudidayakan dan gak ada yang jual, mencarinya pun balapan sama tetangga.

Cara memasak Jamur So, buang kulit yang warnanya kuning sampai bersih, cuci pakai air mengalir, lalu tinggal dimasak sesuai selera.


Macam Olahan Jamur So
  • Jamur so dioseng pedes rasanya mantab, 
  • di tumis yang pedes campur sama teme mantep. 
  • Bisa disayur atau dibakar kayak Sate. 
  • di bothok, 
  • digoreng enak 
  • biasa di goreng balur tepung.. enak.. mirip sosis goreng 
  • dipepes
  • disayur bening
  • Di oseng pake cabe, baput balmer, garam, micin enak banget itu
  • Ini enak bgt. Dibakar saja sudah enak.  
  • Saya juga suka jamur so..direbus pake air dan garam udah cukup..
  • Wenak tenan iku... Dibumbu Brambang salam garam bungkus daun pisang dikukus...nyam..nyam

Jamur akarnya melinjo setahuku masih liar, belum pernah lihat yang dibudidayakan dan katanya tidak bisa dibudidayakan. Namun saat ini kita sedang mencoba mau dibudidayakan.

Sekedar tips kalau memanen jamur ini, usahakan jangan sampai abis sampai akarnya, sisakan sebagian dasar jamur ditanah, supaya bisa tumbuh terus setiap musimnya.

Ada yang bilang Supa (jamur) Melinjo beracun sehingga sering diabaikan saja, bahkan takut memasakknya. Tapi bisa tidak beracun yang penting kupas sampai kulit kuningnya bersih.  Enak bgt ini, asal bisa mengolahnya, di cuci bersih, di rendem air dulu, insyaAllah aman

Malah ada yang langsung dimakan tanpa dimasak hhhe karna dapet sedikit jadi langsung dimakan enak katanya rasanya unik.

Diluar negeri Harga Jamur So / Tangkil / Mlinjo ini mahal banget, 1 plastik kecil aja sampai 500rb an. Di beberapa daerah di  Indonesia juga ada yang jual jamur so, melinjo atau tangkil ini, kalau di jual sekitar 40rb/kg.


============
JAMUR SO

Klasifikasi
  • Devisi : Thallophyta
  • Sub divisi : Fungi
  • Classis : Eumycetes
  • Ordo : Gasteromycetales
  • Famili : Lycoperdaeae
  • Genus : Scleroderma
  • Spesies : Scleroderma aurantium

Kata So berasal dari pohon So atau pohon Melinjo, kalau kata "So" bersumber dari nama daunnya, sedangkan kalau Melinjo bersumber dari nama buahnya. Jamur So ini dinamakan demikian karena habitat tumbuhnya biasanya di bawah pohon So.

Namun dalam mencari jamur ini haruslah pada musim hujan,karena jamur ini biasa muncul saat musim hujan saja.

Ciri-ciri morfologi/Anatomi tubuh.
  • Bentuk tubuh : Bulat tidak beraturan
  • Substrat : Hidup sebagai saprofit dalam tanah yang terdapat bunga tanah
  • Struktur Organ : Eksoperidium, thallus, endoperidium, gleba, miselium
  • Warna : Coklat, kekuningan
  • Alat reproduksi : Basidiospora yang berada di basidium

mengupas jamur so

jamur-mlinjo-sudah-hitam

jamur tangkil sudah dikupas


JAMUR So/Melinjo warna abu-abu yang sudah tidak bisa dimakan

jamur melinjo abu abu tidak bisa dimakan



Masakan jamur So / Mlinjo

Lodeh ikan kala'an ( iwak panggangan ) + tahu + jamur so

lodeh jamur so

Makanan istimewa buat saya saat musim hujan... Jamur so atau jamur tangkil, biasanya tumbuh di sekitar akar pohon melinjo/tangkil dan hanya muncul saat musim hujan. Dikupas bersih, dan bagian dalamnya yang berwarna putih digoreng bumbu garam pun sudah enak sekaliii.

Teksturnya seperti putih telur tapi lebih lembut dan agak kenyal, aromanya khas saat dimasak. Ini jamur terenak menurut saya dibandingkan jenis jamur yang lain. Adakah yang suka atau pernah mencoba?

Perhatian

Jamur Tangkil / So Itu tidak beracun, yang berwarna putih bisa dimasak...tapi kalo warnanya sudah berubah jadi abu abu dan teksturnya hancur, itu tandanya sudah tidak bisa dimasak

Dulu tetanggaku pernah masak jamur melinjo tapi dimakan malah bikin mabok parah. Mungkin salah pengolahan. Karena bagian kuning nya kurang bersih ngupas nya. Bagian kuning itu yang bikin pusing. Jadi sekali lagi hanya putihnya yang dimakan, kulitnya yang kuning pahit.

Maboknya sampek menggigil, jadi dia takut mau masak jamur. Sebener nya kalo masih di desa Obat Keracunan Jamur So / Melinjo / Tangkil itu gampang, minum air kelapa muda bisa untuk menetralisir efek mabok nya.

Kadang banyak yang bilang jamur ini beracun, jamur ini ada 2 jenis nya,,, yang aman di konsumsi yang di foto palaing atas itu ciri nya ketika di kupas bagian dalam kulit ada warna kuning nya, sedang jenis yang beracun kami menyebutnya jamur lanang, jamur yang beracun, cirinya ketika di kupas kulit bagian dalam tidak ada warna kuning nya.

Demikian, semoga bermanfaat, silakan komentar.

13 comments:

  1. Ketika masih kecil saya suka berburu jamur ini. Rasanya Zen. Ada aroma earthy yang kuat di jamur ini. Mungkin ini seperti jamur truffle yang mahal itu.

    ReplyDelete
  2. Yang dalam nya hitam,tapi sekeras yg putih,apa itu jenis yg lain?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Neng kebone bapak ku ijeh akeh. Po meneh sasi desember akeh udan ngene iki

    ReplyDelete
  5. Sama kak, serasa nemu harta karun,smpe kebawa mimpi jg. Barusan sy jg masak jamur so, favorit dr kecil.

    ReplyDelete
  6. dulu di kebun kami banyak, sekarang tidak ada lagi. rasanya rindu makan jamur itu

    ReplyDelete
  7. favorite dr kecil,perburuan rutin di kebon

    ReplyDelete
  8. Kalau mau beli jamur so sekarang dimana ya?

    ReplyDelete
  9. Dulu sering berburu jamur so,dipepes hanya sama garam doang dan bawang merah,lezat banget aroma jamur campur aroma daun pisang..nyemmm jadi kangen masa kecil..🤤😫

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.