Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Rasa Khasiat Pohon, Nama Lain & Cara Makan Buah Kapul Khas Kalimantan

buah kapul kalimantan selatan

Ada yang tau buah KAPUL???? buah exotis dan langka. Rasa buah kapul seger manis -manis masam gitu enak dehhh... di Samarinda per KG / 10.000. Kalau Buah kapul manalagi isinya kuning 20rb sekilo, ada yang sekilo 15rb juga, ada yang sekilo 25rb.

Buak kapul, kulitnya tebal kaya kecapi tapi mirip manggis juga dalamnya mirip rambai teksturnya rasanya manis, lebih manis dari rambai. Ukuran besarnya hampir sama dengan buah manggis dan isinya kecil.

Buah ini masih ada di sekitaran Samarinda, Palangkaraya, Pangkalanbun, pokoknya di Hutan Kalimantan.  Di jawa gak ada kayaknya.

buah kapul sudah matang

Ada juga yang bilang rasa buah kapul mirip sirsat, ada yang bilang rasanya mirip manggis. Dagingnya sama-sama putih. Tapi tak sama nama dan bentuknya.

Kapul buah langka Hutan Kalimantan. Beruntung yang bisa merasakannya. Sudah 10 thn an lamanya gak pernah makan buah ini.

Buah kapul khas kalimantan, cuma ada 1 tahun sekali, di awal tahun atau di akhir tahun masa-masa panen, berbarengan sama musim buah langsat.

Cara Makan buah kapul kaya manggis digencet dah terbelah. Rasanya manis saja. Makannya ditelen ama bijinya.

Nama lain buah kapul  , saya sendiri tidak tahu namanya di daerah lain, tapi ada beberapa buah yang mirip :
  • buah kepel di Yogyakarta
  • di singkawang namanya buah tampui / tampoy
  • buah mundar
  • buah manggis
  • buah rambai
  • buah kecapi (tapi buah kecapi lebih kecil, buah kapul lebih besar)
  • Kapunduang namanya kalau di Padang

Pernah ya makan buah kapul. Generasi saya pasti tahu sebab dimasa kecil (terutama di kampung) masih banyak buah alami dari hutan. Ini saya fotokan pohon kapul yang sedang berbuah tgl. 14/1/2018.

Buahnya agak kecil tapi jenis yang manis. Satu satunya yang masih saya miliki dan dipertahankan. Punya kerabat juga di daerah ini, buahnya agak besar tapi rasanya masam. Termasuk sudah mulai langka terutama di Kalimantan Selatan. Kata teman saya, di Kaliman Utara masih ada.


panen buah kapul

Khasiat buah Kapul
Kalau di kampung saya Kalimantan Timur biasanya cewe-cewenya rajin bikin lulur dari kulit buah kapul, dijamin deh sekali pakai daki rontokan semua dan kulit jadi kinclong. Caranya  di jemur dulu sampai kering udah gitu di tumbuk.

Kalau di Kabupaten Sanggau Kapuas, atau sekitarnya di Kalimantan Barat, buah ini kulitnya lebih oren, oren sekali, isi daging sama putih. seperti kapul, buahnya kecil aja hampir seukuran buah rambutan yang sedang. Tapi namanya buah tampui.... maniiiiis. Mungkin hampir sama ya.

pohon kapul berbuah

pohon kapul

pohon buah kapul lebih dekat

buah kapul di pohon



buah kapul di piring

kulit buah kapul

buah kapul

buah kapul kalimantan

buah kapul manis

2 comments for "Rasa Khasiat Pohon, Nama Lain & Cara Makan Buah Kapul Khas Kalimantan"

  1. Saya baru coba nih...kebetulan lagi diTarakan,penasaran ingin tau...hehhehe. Dalamnya mirip manggis tapi kulitnya mirip kecapi yah tebal. Enaaaakk... manis asam segar.
    Nikmatnya bisa merasakan buah khas Kalimantan 👍👍👍😀

    ReplyDelete