Monday, March 19, 2018

Penyebab & Cara Mengobati Bibir Atas/Bawah Kucing Bengkak Berlendir

Bibir Kucing Bengkak

Ada yang pernah kucingnya mengalami kayak gini? bibir kucingku tiba2 bengkak. kenapa ya?

Kucingku juga habis seprti itu.. dipegang ga sakit.. lalu beberapa hari kemudian meletus... Dan Saya biarin saja. Gak saya apa-apa in. Ternyata setelah kejadian itu, 3 kucingku juga gitu semua gantian. Tapi semua sembuh sendiri. Heheh ...

Penyebab Bibir kuncing baik atas maupun bawah adalah :
  • Kemungkinan kena entupan serangga. 
  • Kena gigit semut mungkin mba.
  • bisa jadi alergi makanan mba, coba dicek lagi makanannya
  • coba lihat mulutnya ada bintik putih ndak, kalau ada mungkin sariawan.... 
  • Mpus saya udah 3 kali kayak gitu... kucing ras rawan kena kayak gitu, biasanya kalau bengkak merah itu karena alergi tempat makannya. Jangan yang dari plastik. Segera ganti pakai piring beling atau stainless steel, juga bowl minumnya jangan dari plastik. Sementara selama sakit gitu, rajin-rajin cuci tempat makan dan minum, kalau bisa sehari 2 kali. Jangan dikasih wet food dulu.

Cara Mengobati bibir kucing bengkak
  • Cecan juga pernah kek gitu saya olesin vco secara rutin, lama-lama normal kembali. vco = virgin coconut oil = minyak kelapa murni. Vco itu biasanya brp an ya??? Macem merk macam harga.. 30 an lah. Belinya di apotek
  • biasanya kalau di oleskan propolis bengkanya akan sembuh/Kempes.
  • Kasih madu murni mas sehari 2x. Oles ntar dijilat2in eeuy, cuuz.  pengalaman saya pribadi kemarin sempet gitu juga, cuma saya oles madu sehari 4-5x 3 hari udah sembuh
  •  Ganti pakan?? jika penyebabnya alergi pakan
  • makan ga boleh pake piring plastik.. Harus stainless yaaa
  • Si empus ku beberapa kali begini.. tapi dikasih vitaboster 3 hr langsung hilang.. jangan dibiarkan lho.. ini bisa ciri-ciri kena virus calici.. kalau dibiarkan bahaya.. # pengalaman pribadi dulu kena virus calici 3 ekor MATI..

Kalau digigit semut biasanya sembuh sendiri. Tapi baiknya coba dibawa ke dokter hewan deh. Karena bahaya kalau sembarangan kasih obat, apalagi dekat mulutnya.

Setelah saya bawa ke dokter hewan sore tadi... ternyata kata beberapa temen-temen kalau bibir/gusi kucing saya ini terkena serangga... Tapi bukan semut melainkan kecoa kalau menurut diagnosa dokter karena dihidungnya terdapat luka merah sedikit,, itu menbuktikan kalau terkena kaki kecoa yaηg tajam.. Jadi untuk teman2-teman hati-hati ya. kecoa tu membahayakan,, awasi kucing dengan baik..

7 comments:

  1. Mbak kucing aku bbir bawahnya bengkak . Gmn yaaah

    ReplyDelete
  2. Trus obatnya apa kak? Kucing aku bibirnya bengkak habis mainan kecoak. 😞

    ReplyDelete
  3. Kucing aku mulut nya bengkak di dalem, gmana cara nya kk

    ReplyDelete
  4. Kucing aku mulut nya bengkak di dalem, gmana cara nya kk

    ReplyDelete
  5. Kucing ku bengkak di bibir bawahnya ada bintik putih udah 2 bln GX sembuh tapi masih lincah itu gmna ya MB,,,udah saya bawa berobat udah diolesi minyak herbal juga tapi GX ilang2 bengkaknya itu,,gimana ya MB itu

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.