Sunday, April 29, 2018

Biaya Pengiriman Bawa Burung Lewat Pesawat Kargo/Cargo atau Penumpang

burung

Mau tanya Om... Apakah pengiriman burung lewat pesawat (cargo) dari pengirim (penjual) bisa langsung diterima langsung dirumah penerima (pembeli)? Atau Apakah si penerima(pembeli) yang menjemput burung di cargo bandara?

Sepengetahuan saya tidak ada yang bisa langsung sampai di rumah penerima. Yang ada burungnya harus di jemput sendiri ke cargo bandaranya.

Kena biaya karantina, kalau harga tidak melebihi burungnya, paling mahal setengahnya biaya SMU ( Surat Muatan Udara )... ada daerah tertentu juga gak bisa kirim hewan contoh Denpasar, koordinasi dahulu saja sama pihak pengirimnya, agar nanya ke pihak cargo bandara.

Biasanya pakai surat izin dari perhutani.. terus burung masuk karantina bandara. kalau lolos baru dikirim. Biaya bandara kalau ga salah 25rb/ekor.

Biaya pengiriman burung lewat pesawat cargo
  • Temenku dulu 600rb kirim kenari ke sumatra lampung.20 ekor
  • Harus pakai surat ijin di karangtina /surat ijin masuk dari pihak bandara tujuan yang bersangkutan. Dan bisa bikin surat di balai kesehatan. Cara-caranya nanti di kasih tau dari pihak kesehatan. Nah nanti di kasih sertifikat dari karantina bandara asal,, kalau ngirim secara langsung gak bisa kalau gak ngrusin surat-suratnya dulu, biasanya 1kg 30rb minim per 10kg

Biaya karantina burung di bandara
  • Bksda per ekor 10 rb
  • Karantina 6 rb
  • Cas bagasi dihitung 1 koli. Jadi kalau misal dari Balikpapan-Jakarta per kg 16 rb. Jadi 16 rbx 5

1 orang maksimal bawa burung 2 ekor. Jangan lupa tanggal keberangakatan dan tujuan.

Kalau 1 burung cuman 6 rb . Surat bksda nanti perlihatkan ke petugas karantina dan nomer penerbangan pesawat/tiket pesawat dan foto kopi ktp. Kalau surat karantina selesai. Pas check in bilang ke petugasnya kalau bawa burung. Nanti bayar lagi pas check in.

Surat BKSDa Ggurus di kantor bksda . Bawa burung dan fotocopy ktp.

Menurut informasi dari teman 
  • Kalau dari Padang ke jakarta 11.000.
  • Kalau dari jakarta soekarno-hatta ke padang 150.000.
  • ditambah uang pemeriksaan/repit (uang siluman) 300.000.
  • di karantina padang gratis pemeriksaan/repit.

 O iya , sebelum burung dibawa ke karantina urus dulu SKKH di dinas pertanian kab/kota.

Packingnya harus sekecil mungkin, supaya di pesawat ataupun di cargo nggak mahal, pengalaman saya kemaren, biaya pesawat 143.000. ditambah karantina 11.000. total 154.000. Saya dari Padang ke Jakatra 17-09-2017 (minggu).

Pengalaman Teman
  • BPN-JKT
  • Karantina 12rb
  • Bagsi burung 45rb/ekor kl blm naik
  • Maskapai Lion Air
  • Max 2 ekor/penumpang
  • Lebih dari 2 ekor masuk cargo

Setahu saya Lion dan Garuda bisa satu pesawat sama penumpang.

Biaya karantinanya murah cuma 10rb per ekor. yang agak mahal bayar bagasi pesawat nya. Saya pernah dari Berau ke Surabaya 100rb per ekor. kayanya tarif nya tergantung tujuan nya. karena ke balikpapan cuma 50rb per ekor.

Temen saya juga pernah bawa kenari dari Jogja ke Bontang. Urus surat kesehatan hewan, baru ke dinas perikanan dan peternakan minta surat pengantar, terus ke karantina. Habis itu bisa dibawa melalui pesawat. Total biayanya 232 rb.

Kok prosedur dan biayanya beda-beda ya? Aku jadi bingung sendiri. Monggo yang pengalaman komen-komen.

11 comments:

  1. Ngurus skkh di jogja di jalan apa?

    ReplyDelete
  2. Kalo Surabaya- Balikpapan gimana ya

    ReplyDelete
  3. Klo dari kalteng pangkalan bun apa aja ya yg harus diurus karena saudara saya ingin kirim 1ekor cucak ijo untuk saya rawat

    ReplyDelete
  4. Kalau kirim kucing dari jakarta Palu bagaimana ya?

    ReplyDelete
  5. kalau ingin kirim burung dari manokwari ke bekasi/jakarta kira" berapa biaya nya ? 2-5 burung

    ReplyDelete
  6. kalo kirim burung dari pangkal pinang ke blitung brapah yah 1 burung

    ReplyDelete
  7. berapa biaya bawa burung LB 2 Ekor dari ptk ke jkt

    ReplyDelete
  8. Kl kenari 1 ekor bandung kalteng lamandau brp ya?

    ReplyDelete
  9. Klw kirim burung lovebird dari jombang ke makassar bisa nda?

    ReplyDelete
  10. Ada yang punya pengalaman bawa atau kirim burung dari jogja ke tanjung pandan, Belitung

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.