Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Hasil Panen, Jarak Tanam Lada Perdu & Panjat Per Hektar Batang Pohon

lada perdu

Budi daya lada nggak terlalu rumit, dan perawatan nya cukup mudah asal sabar tentu nya. Untuk mendapatkan hasil, cukup kita menunggu sampai umur 2 tahun, tergantung bibit awal yang kita tanam. Apa dari sulur nya (bibit dari polybak yang di semaikan) atau dari pleseran (bibit dari sisi yang diturunkan) biasanya kalau dari bibit ini cukup 1 thn aja.

Keunggulan dari tanaman lada adalah banyak nya memanen dalam 1 thn. Jika lada sehat dan berbuah banyak kita bisa memanen hingga 6-9 kali. alhamdulillah kan.... nah..... jika niat menanan, awali dengan bismillah yah.....

hasil panen lada

jarak tanam lada

lada sulur cacing

jarak tanam lada perdu

Maaf mau tanya-tanya berapa jarak yang pas buat tanam lada? Jawabannya bisa berbeda-beda.

Saya pakai 3 x 3 meter. Tidak terlalu jauh tidak terlalu pula sempit. Karena jika terlalu sempit dan pakai tajar hidup otomatis tajarnya hidupnya itu akan membesar..

O iya. jarak tanam antar tiang yang ideal adalah 2x3 m. Kalau lahan agak sempit cukup 2x2 atau 2x2,5m. Malah ada yang 1,5 x 1,5 m juga tidak apa-apa.

Untuk hasil panen lada tetep lebih banyak yang panjat, karena kalau perdu sebenernya hanya untuk tumpangsari.

Kemudian kebiasaan tanam hanya 1 pohon per tajar. tetapi kita pernah tanam 2 pohon per tajar. lebih menghasilkan. lebih rimbun pohon. dan dapat dijadikan cadangan apabila terjadi kematian pohon.

Hasil panen lada
Untuk lada perdu dalam usia 1 tahun itu panen 3bulan sekali pendapatan 4 ons kering. Mulai panen,  3/4 bulan udah berbuah, tapi juga tergantung perawatan (Pemupukan, kebersihan dan penyiraman).

Umumnya hitungan pertama 1 thn baru bisa panen raya pertama. Tergantung varietas, Ada yang panen berkali-kali dalam setahun, ada juga yang hanya 1 kali setahun.

Tapi kebanyakan panen lada tahunan/musiman.... Memang ada beberapa varietas lada yang tak kenal musim, berbuah sepanjang tahun.. panen bisa tiap bulan kalau lingkungan mendukung... Tapi pasti repot atau kualahan di perawatan...

Kalau daerah saya 10x. Perpohon 1kg ada juga 1/2kg. Itu kalau lada panjat tiang 3m udah ful.

Jadi hitungan kotor panen lada, Misalnya permusim/pertahun bisa panen 3kg/pohom, di kali 1.000 pohon = 3.000kg dikalikan harga lada (misal Rp.100.000/kg)...= Rp.300jt dibagi 12 bulan =Rp......../bulan..

Atau seperti kita tahu bahwa tanaman lada umumnya itu tahunan. Kalau 1000 pohon anggap aja kecil nya dapat 1000 kg. Di kali murah nya 50000. Berarti semusim/thn 50jt. Di bagi 12 bln. Berarti rata-rata 4,2jt/bulan.

Tapi di atas itu cuma contoh, karena hasil panen dan harga lada relatif.... kadang naik kadang turun....

Ada yang ketinggalan om... Di kurangi lagi biaya perawatan....baru di bagi 12 bulan...

1 comment for "Hasil Panen, Jarak Tanam Lada Perdu & Panjat Per Hektar Batang Pohon"

  1. Asal usul bibit berasal dari jeni lada apa ya..
    Apa dari tangkai lada atau ada jenis tersendiri.?

    ReplyDelete