Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Kenapa Part Cat Kayu Pick Up Skala membuat Gitar Sama tapi Tone Beda

membuat gitar

GITAR SAMA , PART SAMA, SKALA SAMA TP TONE BEDA.????

Kadang kita suka mendengar suara tone gitar yang berbeda walau dengan part yang sama , skala yang sama termasuk titik skrup pick up sama. ( next saya share titik jatuh skrup pick up kenapa ga boleh
asal tancep ).

Mungkin perlu sedikit dipahami dan saya yakin semua sudah paham bahwa gitar juga ada pengaruh dalam penggunaan kayu. tapi menurut saya adalah ga lebih dari 10%.

Kayu bukan hanya ada yang bilang efek getaran dari string.. tapi ok lah masuk dan bisa lah.. tapi cuma seberapa besar efek getaran.

Kalau jenis kayu tone nya gimana google aja yak.. dah banyak soalnya

Tapi sedikit masukan bahwa efek kayu akan berubah juga akibat dari penggunaan CAT , COAT dan thinner. kenapa ?

Kwalitas cat / coat adalah berbeda-beda dari hasil akhir kekerasan saat kering. misalnya yang gampang merk PILOX dengan SAMURAI. mempunyai tingkat kekerasan yang berbeda.
Kalau PILOX kering masih jadi kaya ada karet-karet nya, kalau SAMURAI kering jadi akrilik ( ngeceknya coat nya tebelin saat di semprot)..

nah efek kekerasan dari bahan cat dan coat tadi akan menutup pori-pori kayu. sehingga kwalitas kekerasan kayu pada top bodi akan berbeda.

Apa efeknya.. efeknya adalah saat kita memetik string kalau keras coatnya efek mantul akan lebih terasa. kalau coat empuk yang akan sedikit keredam. sama saja kaya kita masuk dalam ruang yang ada peredam dan yang ga ada peredam suara.

Kwalitas ketebalan cat juga kan mempengaruhi tone. makanya kalau kita mendengar nada murni tone gitar ( elektrik ) ya pada saat volume di tutup. terus kita genjreng atau petik . itulah nada murni dari skala, kayu, cat / coat. kalau dah masuk ampli yang karena ada pick up jelas ada nada-nada yang kepotong atau malah ada yang diperkuat. ( kalau akustik karena pakai piezo yang murni nada dari getaran string dan body, tapi equaliser di tengah).

nah penggunaan pick guard dan bahannya juga bukan hanya sekedar variasi , tapi efek pantulan tone akan sedikit brubah.. jadi akan terasa di saat sound gede atau recording. petik saat tanpa ampli, antara yang pakai dan yang ga pakai atau yang bahan pick guard bagus dan yang klas ga bagus. ada sedikit perbedaan.

ya gitu lah kira-kira.. ribetnya bikin gitar

Kalau bahan cat / coat yang bagus ya yang mahal.. datang aja ke toko cat yak ? :
next kalau sempet lagi.. pengaruh frame pick up juga..

Dah tau belum kenapa gitar-gitar John Petruci ga pake pick up frame dan pick guard tapi langsung tancep ke body ( menurut saya tapi loh, karena ga punya wa JP jadi ga bisa tanya langsung ke JP..??

Post a Comment for "Kenapa Part Cat Kayu Pick Up Skala membuat Gitar Sama tapi Tone Beda"