Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Mengatasi Jangkrik Kalung Mati Berair ketika ditimbang & saat Panen

jangkrik goreng

Fenomena jangkrik pada mati sebelum di panen, apakah para agan sekalian pernah mengalaminya? Setelah ditelaah jauh lebih dalam..hehe #bahasanye :-D Kondisi fisik jangkrik berair pas di pegang..

Dan baru-baru ini jangkrik juga 4 box mati scara perlahan sedikit demi sedikit tumbang.... padahal pakan ga pakai sayuran yang berair...! Jangkrik mati di tengah jalan.....apa penyebabnya...? Selain itu juga kenapa saat saya panen / saya timbang jangkrik berair dan banyak yang mati

Biasa nya jangkrik umur 32 atau 35 hari sudah siap panen, kalau masalah jangkrik berair itu bisa faktor makanan dan kurang perawatan nya.

Solusinya, coba di cek suhu udara dalam kandang. Jangkrik kalung mudah terserang stres apabila suhu kandang dingin. yang jadi nya enggan makan voer.

Dan juga jangkrik kalung dewasa dikurangi pemberian pakan sayur yang banyak kandungan air nya. Lebih baik batang pepaya. Daun singkong atau batang singkong. Singkatnya, kalau sudah mau panen kurang 4 hr sayuranya diganti saja sama pohon pisang atau phon pepaya

Terus bagaimana komposisi makanan hariannya biar tidak kebanyakan sayuran?  Kalau telurnya cukup ditutup sama kain saja yang lembut yang penting tidak kena angin sama sinar matahari. Kalau makanannya masih kecil dari netes sampai 15 hr itu sawi putih. Terus 5 hr pepaya dan 4 hari pohon pisang atau pohon pepaya. Jadi 24 hr sudah siap panen.

Tapi kalau perawatannya bagus dan kalau ditimbang masih basah berarti itu yang nimbang kelamaan kurang cepat. ya kalau nimbang jangan sampai lebih 1 menit di wadah timbangan, biar yang dibawah ga kegencet sama yang diatasnya.

Memang jangkrik yang kurang sehat awal nya sedikit, kedepan nya bisa jadi hampir semua nya jadi korban, dan bila dijadikan indukan juga ga bakalan baik.

Walaupun dalam ruangan tetap saja kita harus sensitif terhadap perubahan cuaca, suhu kandang di ushakan stabil. Beda dengan jangkrik alam yang masih bisa kuat dengan suhu dingin, namun jangkrik kalung suka lebih lemah. Biasa nya kalau suhu di kandang cocok dengan kehidupan jangkrik di dalam bok, maka mereka akan rakus makan voer dan insya Allah jangkrik nya pada sehat..

Bagi saya faktor suhu udara teramat sangat penting.. Coba agan bayangkan, Misal dari box ternak menghasilkan panen jangkrik 10kg. Kemudian agan mengambil 3 kg jangkrik buat indukan dan di masukan kedalam box buat indukan. Coba perhatikan kelembaban kandang jangkrik yang awal nya dipopulasi hasil 1 box yang 10 kg dan pindah ke box indukan yang di isi 3kg. Dan saya tidak pernah menggunakan alat digital elektrik untuk mengecek suhu dalam box. Saya hanya menggunakan naluri.

Sebenarnya mengatur suhu dengan AC bisa, tapi kalau pakai AC saya mentok di biaya gan, maklum modal nya terbatas.

Di bawah ini adalah alat pemantau suhu cuma 15rb di tukang ikan (belinya di toko ikan hias , Itu termometer suhu biasa. Untuk tahu suhu dalam kandang.). Kemudian kalau malem saya pakai heater tuk angkat suhu dalam ruangan hehehe...

alat pemantau suhu digital

Heater adalah Pemanas ruangan, saya biasa atur di 28-33°, kebetulan saya ternak dalam rumah. Karena suhu di sini kalau malam bisa turun sampai 15 -17°, sebenarnya ada yang lebih murah biayanya pasang lampu tembak.

Demikian, semoga bermanfaat, kalau ada yang kurang jelas atau ditanyakan bisa lewat komentar di bawah.

Post a Comment for "Mengatasi Jangkrik Kalung Mati Berair ketika ditimbang & saat Panen"