Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Berapa Kali Porsi Ikan Arwana Makan

Arwana Makan

Banyak diantara kita yang masih bingung berapa kali ikan arwana makan. Ada yang Arwana 30cm makannya 30 ekor jangkrik setiap harinya karena setiap 1 jam sekali dicemplungin 2 ekor jangkrik. Ada yang 40cm makannya jangkrik sekali makan 35 ekor.

Bahkan ada kawan yang bilang kalau ngasih ikan makan sampai perut buncit. Tapi masalahnya konon kalau terlalu kenyang ikan malah rentan sakit, dan kalau keseringan body jadi kurang bagus. Juga ikan yang terlalu kenyang membuat nafsu makannya menjadi kurang bagus. Seperti manusia kalau kekenyangan mager. Tapi tidak apa-apa asal kalau bisa seminggu sekali dipuasain, biar nafsu makannya terjaga dan geraknya aktif.

Punya saya dulu, saya kasih jangkrik 10 ekor lebih waktu arwana masih ukuran 24 cm. Kemudian kasih jeda puasa 24 jam atau 36 jam. Intinya biar lapar dulu, kalau ga terlalu lapar dimuntahin. Atau sesekali kasih udang.

Sekarang sudah 30 cm an, dikasih jangkrik habis sekitar 32 sampai 34 ekor. Tapi kalau habis makan banyak puasanya agak lama. Dulu saya kira kasih makan banyak biar cepet gede. Ternyata yang benar adalah dikasih secukupnya. 

Selain alasan di atas, juga saya sendiri memperhatikan sisi ekonomis. Coba bayangkan, untuk satu ekor Aro Silver ukuran 60cm+, apakah normal porsi makan dalam sehari kurang lebih sehari menghabiskan 60 Gram/80-100 ekor Jangkrik?

Perlu diketahui Aro saya adalah Silver brazil, dibuang sayang dipelihara jadi beban.

Kalau sudah begitu solusinya, saya kasih udang laut, sebulan 1 kg (60-75rb) udah ekonomis banget dah tuh, cari nya gampang (pasar atau supermarket), nyimpennya juga gampang (masuk wadah kedap dan masuk freezer), kasih sehari 2 ekor yang ukuran gede-gede. Aro kenyang, majikan ga repot, kantong ga bolong. Silakan dikalkulasi kalau saya salah, mahal jangkrik atau UJ atau Kodok kalau kata saya dibanding udang laut (yang biasa kita makan juga).

Sebenarnya menurut saya sendiri, terlalu sering memberi pakan adalah kurang bagus, lebih baik 1 hari sekali makan 10-15 jangkrik. Atau pagi 10 sore 10. Dan selang-seling dengan pakan alternatif lain ngasih makannya biar ga bosen.

Kalau saran saya sebaiknya porsi tidak terlalu banyak tapi rutin. SR saya makan paling banyak 2x sehari. Itupun kalau jangkrik paling banyak 15 ekor. Ukuran SR 42cm. Tapi pagi tetap saya berikan sarapan udang pasar. Nanti sore baru jangkrik 10 - 15 ekor.

Dengan kata lain, sekenyangnya arwana. Tapi kalau ikan ga mau makan tandanya masih kenyang itu kasih makan 3 hari sekali juga ga apa-apa. Kalau masalah banyaknya, pokoknya sampai dia ga mau makan berarti kenyang. Tapi sekali lagi saya tekankan mendingan jangan sampai kekenyangan nanti mati, kira-kira cukup ya sudah berhenti.

Pengalaman saya, lebih baik porsi makannya jangan terlalu mengenyangkan. Lebih bertahap 2 kali dalam sehari. Kalau saya biasanya jam 10 pagi sama jam 5 sore. Dan porsinya juga tidak terlalu banyak. Secukupnya saja. Kalau bisa diseling menunya. Pagi menu udang, sore jangkrik. Biar gak gampang bosen.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Berapa Kali Porsi Ikan Arwana Makan"