Friday, August 24, 2018

Cara Merawat & Makanan untuk Pakan Ikan Arwana agar Cepat Besar

Arwana Red

Makanan arwana biar cepat besar apa ya?

Ada banyak pilihan makanan untuk arwana, ada cacing beku (cabek), udang, jangkrik, ulat german, kodok dan kelabang. Silakan pilih sesuai ukuran arowana yang kita pelihara, karena ikan kecil agak susah kalau dipaksa makan kodok atau kelabang. Juga ikan kecil sebaiknya jangan terlalu banyak makannya.

Kalau masih baby cacing beku boleh, dan kalau panjangnya sudah 12cm bisa kasih saja udang sungai yang dibuang bagian kepala sama ekornya.

Tapi untuk uk 25cm apa sudah boleh makan kelabang? saya pribadi belum pernah kasih kelabang untuk aro ukuran 25cm, saya lebih senang kasih udang atau jangkrik saja. Dan yang terpenting apa sudah muat kelabang ke dalam perut aro 25cm? Kalau muat dan aro'nya doyan sih kasih saja ga apa-apa. Kalau saya sih ngga berani ya.

Bisa juga dikasih katak sawah (bukan kodok yang ada di rumah). Karena kodok banyak mengandung lemak, bagus buat pertumbuhan aro. Tapi ngasihnya jangan yang besar kodoknya, seukuran mulutnya aro. Terus jangan banyak-banyak kasih 2 atau 3 ekor saja, sehari sekali buat selingan saja. Ikan tombro juga bisa kalau untuk mempercepat pertumbuhan.

Untuk perawatan sebisa mungkin dalam waktu satu bulan 2x kuras air. Lebih bagus 1 minggu sekali. Yang penting jaga kualitas air saja, isi media filter bagus pakai arang karbon zeolit sama kapas.

Kalau untuk heater memang sebaiknya jangan digunakan kecuali dalam keadaan sakit. Karena kalau sudah terbiasa pakai heater nanti kaget setelah gak pakai heater. Alhasil ikan bisa stres atau bahkan sakit.

Walaupun heater tidak terlalu penting. Tapi kita harus punya juga untuk jaga-jaga kalau suhu air turun drastis.

Penting juga, kalau bisa di aquarium lebih besar. Pasti cepat juga besar nya.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.