Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Membedakan Anakan Arwana Jantan dan Betina yang sudah Dewasa

Arwana jantan dan betina di kolam

Tidak mudah untuk membedakan Arwana jantan dan betina sampai mereka cukup dewasa. Secara kasat mata Arwana betina cenderung lebih bulat, lebih tebal, tubuh dan sirip akan lebih pendek dari pada yang jantan.

Ada 2 cara yang biasa dilakukan oleh kawan-kawan untuk membedakan Arwana Jantan & Betina
  1. Melihat organ reproduksi, lalu mengamati ciri morfologi, Pada organ reproduksi ikan di tangkap lalu perutnya di urut ke arah Kloaka. Jika keluar cairan kecoklatan (sperma)itu bisa dipastikan jantan, Jika tidak keluar berarti sebaliknya itu adalah Betina

    Persentase Kecocokan penentuan jenis kelamin lebih besar dengan cara mengurut bagian alat reproduksi, tetapi harus dilakukan oleh ahlinya karena sedikit kesalahan menyebabkan arwana bisa sakit bahkan bisa mengalami kematian dan umur arwana minimal 4-5tahun dengan ukuran 40cm (Kurleb)
     
  2. Secara Bentuk fisik kepala arowana bentuk tubuh bisa di pakai juga sebagai panduan untuk menentukan jenis kelamin arowana.

    Dari atas, Ujung kepala jantan membulat dan rahang besar serta dan bodi memanjang, ini diperkirakan karena pejantan lah yg gendong telur, sedangkan yg betina Agak meruncing dan dari samping tubuh melebar ke atas penyebabnya ada kantung telur di dalam perutnya.

Berikut ini ada foto terlihat dari bentuk kepala dan mulut. Arwana jantan cenderung berkepala besar dan bermulut lebar. Sedangkan betina tampak berkepala ramping dan ujung runcing serta mulut runcing.

perbedaan arwana jantan dan betina

beda arwana jantan betina

Mungkin sekian dulu penjelasan nya, yang mutlak hasilnya adalah cara yang pertama karena bisa 99.99% sedangkan yang kedua hanya menduga-duga dan persentase 70-99,9%. Nah untuk senior boleh ditambahkan dan kalau ada yang salah mohon dikoreksi.

Tambahan, coba kita perhatikan gambar di atas bahwa yang jantan mulutnya cenderung besar, diliat dari samping tutup insang ada seperti huruf A yang kalau bentukya rapat itu jantan sedang yang seperti huruf A lebar terbuka itu jenis betina.

Namun demikian, kita tahu sendiri sulit membedakaan antara arwana jantan dan betina bagi para penghobist. Bahkan peternak arwana pun banyak yang masih gambling / agak bingung masalah bedain kelamin arwana jantan & betina.

Makanya dalam 1 kolam ditaruh banyak ekor. Biasanya kalau arwana harus diisi minimal 3 ekor dalam 1 tempat. Baru nanti bisa bedain nya pas jantan ngeramin telor.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membedakan Anakan Arwana Jantan dan Betina yang sudah Dewasa"