Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Obat Tradisional Cara Menghilangkan Jamur pada Ikan Arwana

Jamur pada Arwana

Arwana kalau kena jamuran solusinya bagaimana pengobatannya, kok jamurnya pindah-pindah. Jamurnya pindah-pindah, lanjut saya kasih garam, dan jamur di badannya hilang tapi ganti di mata. Saya kasih daun-daun matanya sembuh tapi gani lagi badannya jamuran.

Kasus seperti di atas bisa akibat dari kualitas air yang buruk. Kalau mau dikasih air galon separuh tank saja dan kasih heater. InsyaAllah sembuh. Heater itu penghangat, harga sekitar 40rb -65rb.

Kemarin punyaku juga kena jamur. Terus dapat masukan dari kawan-kawan untuk ganti full air endapan, bersihin media filter set heater 32 tambahin kaviat terus saya obatin pakai antibakterial 5menit dan alhasil jamurnya rontok.

Cara yang dipaparkan di sini hampir sama dengan cara mengatasi sungut arwana berjamur.

Berikut ada beberapa cara yang dapat dipiliah salah satu mana yang cocok tentang cara mengobati ikan arwana yang kena jamur :

1. Perlu diketahui antibakterial jenisnya banyak, tapi kemarin saya pakai pomatte, pomate bentuknya serbuk (kalau yang asli di bungkus belakangnya ada hologramnya, terus di depannya ada tulisan original, harga sekitar 45 - 50rb up di Bandung).

Untuk pamakaian pomate, baca aturan pakainya, yang penting jangan banyak-banyak asal kuning saja bisa, jangan lupa kasih garam ikan. O iya.. Kalau pakai pomate memang efek samping ga mau makan biasanya. Tapi setelah kadar obatnya abis baru makan.

2. Solusi lainnya adalah set heater 32° - 34° kurangi air -+30% kasih acrivlavine 2-4 tutup botol tergantung volume air. Cuci & jaga kebersihan air + media filter.

Pakai heater itu sudah langkah pertama yang baik, tunggu saja 3-4hari lagi, khan ada proses, tidak bisa instan hilang jamurnya begitu saja.

Tapi kalau dalam 4hari tidak ada perubahan, kuras total tanknya, gosok dan sikat semua peralatan pendukung hidup aro.. Lalu pasang heater lagi.. Amati lagi 2hari, kalau masih ada jamurnya, baru pake obat-obatan.

3. Kalau saya pernah coba. Tank saya uk 1 meter x 45 x 45, air cukup tinggi ± 25cm, kasih methlynblue 4 tutup botol, kasih garam 4 genggam tangan, set heater di ±30 derajat. Insya Allah sembuh.

4. Cara tradisional Bisa pakai rendaman daun ketapang kering, 3 lembar 3 hari sekali ganti air. Air pendekin. Terus sampai sembuh. jangan lupa lagi-lagi pakai heater.

5. Saya pernah juga paki elbayu untuk obat jamur ikan arwana.

6. Ganti air tiap hari, setengah saja. Kasih garam ikan. Sama set heater 31-32 derajat.

Ringkasan :
Selain pakai garam dan obat jamur, heater perlu di pasang dan set di 32c, setelah 1 hari, turunkan suhu heater ke 30/29c. Agar sungut/kumis tidak layu karena suhu di atas 30c. Pantau suhu di dalam tank dengan termometer, suhu normal dalam tank di kisaran 26-30c. Suhu di bawah itu rawan terkena jamur, white spot. Faktor kebersihan media filter, tank dan kualitas air juga mempengaruhi pertumbuhan jamur. Lakukan pengurasan secara berkala.

Post a Comment for "Obat Tradisional Cara Menghilangkan Jamur pada Ikan Arwana"