Sunday, August 26, 2018

Berapa Hari Lama Ikan Arwana Kuat Puasa Mogok Tahan Tidak Makan

Arwana Puasa

Aro golden red ukuran 40cm, kuat gak makan berapa hari ya? ikan lagi mogok makan gara-gara keselek sisik kapiat jadi takut makan.

Ikannya kalau dikasih makan nyamperin doang, kelihatan pengen di makan tapi ragu-ragu sambil gerak-gerakin mulut. Awalnya gara-gara keselek sisik kapiat, batuk-batuk dari insang keluar sisik kapiat. Itu sudah seminggu yang lalu.

Wc, garam ikan, arovital, hobbies, jangkrik, udang, kecoa, cicak, ulat hongkong, ulat jerman, sampai nyangkul nyari cacing tanah sudah. Tapi ikan dari jumat kemarin sampai sekarang belum makan-makan.

Tidak apa-apa. Yang penting tetap usaha kasih makan, atau kalau tetap ga mau, dipuasakan sekalian. Dan jangan lupa makanannya juga sebisa mungkin bervariasi biar aro tidak bosan yang berakibat pada mogok makan.

Ikan Arwana kuat puasa 1 bulan, bahkan ada yang bertahan tidak makan sampai beberapa bulan kok, tunggu saja sampai dia muntahin lagi beberapa sisik kalau memang ada yang nyangkut.

Punyaku 3 bulan gak makan, masih kuat.. Yang penting air terawat, dan media filter bersih. Paling kurus badan. Tapi semua tergantung ukuran aro nya juga. Dan menurut saya, kalau aro mogok makan ya sebisa mungkin kita pancing nafsu makan aro nya lagi biar balik kaya dulu.

Mempuasakan arwana saat mudik lebaran.

O iya, ada pengecualian buat arowana piyek/ kecil, kalau memang terpaksa mogok makan maksimal 10 hari  Karena sebaiknya ikan kecil jangan kelamaan puasa ( gak dikasih makan ). Dan sebaiknya rutin 1 x 1 atau 2 x 1.... Maksimal 2-3hr puasa nya.

Seperti kita ketahui bahwa ikan kecil biasanya makannya rakus, apalagi kalau dikasih jangkrik. Jadi kalau sampai ngga mau makan seminggu, jangan-jangan ada yang salah dengan airnya.

Saya sendiri arwana baby pernah 4 hari kuat mogok makan, karena ikan baru nyampek jadi lagi penyesuaian diri.  Lain lagi pernah tapi rtg 10 cm, gak mau makan 3 hari hampir koit, soalnya keliatan lemes banget. Badan kalau berenang dah hampir gak bisa lurus horisontal, tapi malah kadang vertikal.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.