Tuesday, August 21, 2018

Apakah Sirip Perut Dayung Arwana Bengkok Patah Robek bisa Tumbuh Lagi

Blue base crossback Arowana

Kalau sirip arwana yang kecil yang di bawah perut itu bisa tumbuh lagi ngga ya kalau patah?

Dayung arwana yang rusak baiknya biarkan saja ga apa-apa, sabar saja. Ikan saya dulu juga begitu pas pindah tank gara-gara serok kurang besar ekor patah setengah. Sekarang sudah normal lagi, makan lahab itu ikan sebulan sudah normal lagi kok, yang penting jangan sampai sakit ikannya.

Atau biar tumbuhnya rapi, potong saja pakai gunting. Asal jangan pas di pangkal saja motong nya
Pengalaman pribadi soal nya.

Tapi dibius dulu biar lebih aman. Karena seharusnya bisa tumbh rapi yang penting jaga kualitas air dan arus sedang saja, jangan terlalu kencang. Dan kalau tumbuhnya ga rapi terpaksa dipotong lagi.

Untuk takaran biusnya, kalau saya biasanya teteskan 3-5 tetes dulu. Siram-siramkan air ke ikannya supaya biusnya bekerja. Kemudian tambah lagi beberapa tetes. Siram ikannya lagi. Demikian seterusnya sampai dirasa cukup. Karena beda volume air beda takaran usahakan kasih sedikit-sedikit saja atau bertahap.

Sedangkan kalau sirip dayung ujungnya bengkok (bekas patah sepertinya) bagaimana meluruskannya??  Caranya sama potong saja, potong agak tinggi sedikit dari bengkoknya, kalau pas bengkok nanti takutnya ada sisa sedikit bengkok lagi entar.

Tapi ingat kalau untuk tumbuh, tergantung juga usia dari arwananya. Kalau masih tergolong muda 15-20cm InsyaAllah tumbuh. Tapi kalau tua, kemungkinan kecil untuk tumbuh.

Untuk sirip perut arwana yang patah butuh berbulan-bulan biasanya, tidak bisa dipastikan. Yang pasti kalau ikan sehat akan tumbuh dengan baik pula.

Jadi kesimpulannya, apakah sirip arwana bisa tumbuh lagi? Jawabannya "bisa".

1 comment:

  1. Maah suhu mau tanya, arwana saya dayung nya kriting bergelombang itu skitar 0.5 cm dari pangkal, klo di gunting apa bisa tumbuh lagi utk uk 26 cm???🙏

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.