Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Membuat agar Ekor Arwana Kuncup jadi Lebar & Besar seperti Kipas

Arwana Ekor Lebar

Berdasarkan pengamatan saya, Ekor ikan arwana akan menjadi tumbuh lebar secara alami setelah mereka bertarung dengan Arwana lainnya karena pada saat bertarung mereka saling menggigit dan membelah ekor lawannya. Sebagai akibatnya ekor bahkan bisa tumbuh lagi menjadi besar dan berbentuk kipas. Efeknya sama dengan operasi pemisahan ekor.

Namun pada dasarnya bentuk tubuh, finnage (sirip dan ekor) ikan arwana ditentukan oleh genetika. Oleh sebab itu saya berpikir tidak ada cara lain untuk melebarkan ekor arwana kecuali dengan operasi / memotong pendek ekor mereka. Seperti kita manusia kalau ingin tampak lebih tinggai atau lebih tampan, cara tercepat adalah dengan operasi.

Untuk mengoperasi ekor arwana yang kuncup cukup dengan memotong bagian lembut pada ekor, namun pastikan dilakukan oleh ahlinya dan tidak memotong tulang lunak ekornya. Seperti pada saat arwana berkelahi yang membuat ekornya rusak / sobek, kemudian tumbuh lebih besar secara alami setelahnya.

O iya. Pernahkah kita perhatikan ketika Aro kecil berada di dalam tangki besar, ia cenderung untuk berenang dan menutup ekornya dengan mudah untuk meluncur di dalam tank. Kemudian coba perhatikan Aro yang di toko-toko dengan tangki yang lebih kecil maka Aro cenderung membuka leber finnage (sirip dan ekor) mereka.

Dan setelah Anda membawanya pulang, mungkin kita bingung kenapa ekor Aro kita tidak terbuka lebar setelah di tangki ukuran 1meter - 1,5 meter.

Memotong Ekor Arwana

Selain cara di atas ada juga yang menyarankan menggunakan wave maker /  pembuat gelombang pada akuarium, untuk mendorong lebih banyak arus air di permukaan sehingga aro akan membuka ekornya lebih lebar dan lebih besar. Namun perlu diperhatikan jangan sampai membuat aro malahan jadi stres.

Tapi saya sendiri tidak setuju dengan pendapat  yang menggunakan wave maker. Karena coba kita bayangkan, perenang cepat pastilah dengan sirip ekor kecil, sebaliknya ekor besar memperlambat kecepatan berenangnya. Ambil contoh jet tempur F14, sayap diperpanjang selama lepas landas untuk memaksimalkan daya angkat untuk jarak lepas landas yang lebih pendek dengan kecepatan yang lebih rendah. Sebaliknya ketka bergerak cepat di udara, sayap ditarik kembali untuk mengurangi seret.

Lalu apa hubungannya contoh di atas dengan wave maker pada ikan arwana. Pertanyaannya adalah, dapatkan arwana untuk berenang melawan arus dengan kecepatan yang berbeda??

Jadi kesimpulan satu-satunya cara terbaik membuat ekor arwana lebar adalah adalah dengan operasi, potong pendek sirip ekor mereka!

Post a Comment for "Cara Membuat agar Ekor Arwana Kuncup jadi Lebar & Besar seperti Kipas"