Saturday, September 15, 2018

Cara Memperbaiki Mengobati Sungut Kumis Arwana yang Putus Patah Bengkok

Sungut Arwana Bengkok

Sungut arwana yang patah biasanya disebabkan karena arwana nabrak kaca, loncat atau stress.

Lalu pertanyaaannya, apakah sungut arwana yang patah bisa tumbuh lagi? Bisa tapi lama. Meskipun demikian tidak usah khawatir karena nanti berangsur pulih. Kecuali kalau putus sampai tercabut akar nya kemungkinan besar tidak akan tumbuh lagi, tapi kalau putus dari tengah atau pangkal gak tercabut, menurut pengalaman bisa tumbuh lagi.

Syarat kemungkinan sungut arwana dapat tumbuh kembali.
  • Arwana masih muda
  • Patah tidak sampai akarnya / pangkal
  • Tidak merupakan kelainan

Pengalaman saya dulu sungut arwana juga patah karena nabrak aquarium, gara-gara anak suka pukul-pukul jadi takut. Dulu patah 1 bengkok, bisa tumbuh lagi, tapi tumbuhnya gak bisa lurus, agak bengkok sedikit tidak sempurna.

Ada juga pengalaman bengkok sebelah, tidak saya apa-apakan, waktu itu hanya dengan tetap menjaga kualitas air sungutnya putus sendiri dan numbuh rata lagi kira-kira 1 bulan.

Jadi menurut saya, kalau kumis aro bengkok mending dipotong sekalian biar tumbuhnya bagus. Caranya kalau mau aman pakai obat bius, terus yang dipotong dari yang bengkok ke bawah dikit ambil yang lurus.

Tapi sekali lagi itu hanya kemungkinan. Karena saya ada beberapa yang patah terus tumbuh lurus lagi ada, kemudian yang patah terus buntung juga ada (tumbuh tapi lama). Tergantung kondisinya.

Kalau mau lebih cepat untuk menumbuhkan sungut yang patah bisa ditaruh di kolam / aquarium  yang besar, jangan dikasih lampu. Dan yang pasti jaga kualitas air.

Untuk perkiraan tumbuh kembali relatif berbeda-beda, tergantung ikannya. Kalau misalnya aro masih kecil kira2 ukuran 25cm an, paling 1 - 2 bulan udah full lagi kalau cuma putus setengah atau 3/4. Tapi kalau gede bisa sampai 5-6 bulanan bahkan tahunan makan waktu yang sangat lama untuk recovery.

Operasi Sungut Arwana

Baru selesai operasi kecil di sungut Si Aro. Karena kemarin tertekuk keatas dan pagi nya langsung patah sendiri.

Semoga setelah operasi, bisa tumbuh bagus sungut nya. Sungut ikan yang melengkung ke atas saya gunting sedikit dan tidak sampai pangkal. Karena sungut nya putus dengan sendiri nya setelah sebelum nya melengkung keatas.

Jadi yang bekas lengkungan nya itu saya rapihkan biar lumbuh lurus. Hehehehe. Jangan lupa di bius dulu ikan nya sebelum di operasi.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.