Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Menjinakan & Membuat Arwana yang Agresif jadi Jinak

Arwana Jinak

Bagaimana cara agar arwana cepat jinak dan tidak kaget jika didekati? Kalau saya, taruh di tempat orang banyak mondar-mandir seperti di ruang tamu / ruang tengah, biar terbiasa sama banyak orang.

Kemudian kalau sudah tidak kagetan, tiap makan tontonin terus biar biasa dilihatin, tiap mau kasih makan kasih tanda seperti ketuk-ketuk pelan kaca aquarium dll. Biasakan juga handfeed sedari kecil , dielus-elus. Intinya jangan dicuekin, ibarat seorang anak. Ikanku kalau aku lewat selalu deket ke kaca sambil joget-joget.

Terus pernah juga dapet arwana yang agresif sering bolak-balik kenceng banget sampai airnya bergelombang. Kalau yang ini kemungkinan dia lapar atau bisa juga karena stress. Atau bisa juga karena tank yang kesempitan, jadi dia patroli terus tanda gelisah. Solusinya coba tutup pakai koran atau kain, kalau gak kasih daun ketapang.

Sedangkan ikan arwana yang kagetan, itu menandakan stress. Tapi tidak usah khawatir karena nanti lama-lama juga nurut, kalau sudah kenal sama majikannya. Sama rtg saya pertamanya kagetan tapi lama-lama nurut. Tapi kalau pengen cepet jinak bisa dicoba puasakan dulu, kemudian pancing-pancing pakai jangkrik dari luar tank, supaya ikan nurut sama kita.

Kalau mau kasih tankmate, bisa pakai kaviat, kalau pakai oscar nanti aronya kasihan. Terus kalau mau piara beberapa arwana dalam satu akua jangan cuma 2 aro, karena kalau cuma 2 biasanya suka berantem, jadi tambah satu lagi yang ukurannya hampir sama atau dipisah saja.

Terus tingkat kejinakan juga tergantung sama jenis aro. Kalau Jardini menurut saya memang susah dijinakin. Kalau mau bisa dicoba saja pegang tiap hari, tapi progressnya ga sebentar, butuh 1 tahun sampai jinak (pengalaman pribadi). Lebih lengkapnya cara mengatasi arwana sering ngamuk nabrak kaca & loncat.

Post a Comment for "Cara Menjinakan & Membuat Arwana yang Agresif jadi Jinak"