Tuesday, October 23, 2018

Cara Memberi Makan Ikan Arwana dengan Jangkrik

arwana cross back

Kadang kita bingung karena arwana kelihatan kelaparan melulu. Padahal sehari dikasih makan 3x. Tiap makan dikasih 6 jangkrik. Itupun masih minta nambah. Sebenarnya berapa biji jangkrik untuk tiap kali arwana makan????

Menurut saya pribadi, sebaiknya Arowana jangan terlalu dipush makan nanti bisa mogok makan. Yang penting rutin tiap hari sesuai porsinya. Misal terlalu banyak/kekenyangan ga bagus buat arwana. Contohnya kita saja manusia misal terlalu over makan nya bakalan mendem.

Kalau saya 2x sehari sudah cukup pagi dan sore, tapi bebas bisa juga 3x sehari ada yang 5x bahkan ada yang 6x tidak apa-apa, tergantung selera. Usahakan juga pakan bervariasi biar Arowana nya gak bosen.

Memang tidak ada patokan yang pasti berapa jumlah jangkrik yang harus diberikan setiap kali makan. Cara pemberian  pakan tergantung insting pemilik aro saja. Jika dirasa sudah cukup, maka sebaiknya dihentikan untuk pemberian pakan.

Ada beberapa pemilik yang memberikan perlakuan khusus dalam pemberian pakan jangkrik. Misalnya dengan memotong kaki belakang jangkrik yang mempunyai gerigi/duri/gergaji dengan tujuan agar tidak menggores kerongkongan atau mulut arwana. Dan juga biar tidak keselek. Juga kadang memang kalau diberikan dengan kakinya, kadang-kadang pahanya juga dimuntahin yang menyebabkan tank jadi cepat kotor.

Dipotong juga gak apa-apa, biar jangkriknya gak lari lewat selang filter. Karena pengalaman tetangga saya pernah kaki jangkrik nyantol di insang, efeknya gak mau makan, mojok terus 1 mingguan tapi bisa lepas sendiri.

Tapi kalau saya sendiri, ga usah ada organ jangkrik yang dibuang, kasihan jangkriknya, jadi langsung cemplugin saja. Selama ini aman buat ikanku, dah tiga tahun full jangkrik. Kasihnya ya kira-kira, kalau ikan masih kecil, kasih jangkrik yang kecil juga.

Mereka terlahir sudah menjadi predator jadi gak usaha dipikirin. Lagi pula di habitatnya ikan juga ga akan pilih-pilih jangkrik yang kaki belakangnya sudah putus. Memang di alam nya juga gak ada yang nyopotin kaki nya jangkrik.

Sebenarnya jangkrik mah masih enteng, dari pada udang hidup yang lebih tajem tu saja ya ya bisa di makan kaga ada masalah. Terakhir perlu diperhatikan agar makanan yang diberikan tidak tersisa di dalam tank.

1 comment:

  1. makasih mas infonya, cara nyampeinnya juga kayak temen sendiri pokoke jos buat mas eee🤙

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.