Tuesday, October 23, 2018

Penyebab & Cara Menangani Efek Arwana Mogok Makan Jangkrik

Arwana Super Red

Arwana saya dikasih makan jangkrik gak mau makan sama sekali. Padahal biasanya lahap. Sekarang malah mau nya makan ulet jerman. Tapi ya gitu, Jika makan dikunyah saja sampai daging putihnya ulet berhamburan semua. Kunyah dimuntahin kunyah di muntahin. Tapi kalau kasih kelabang meski 4 ekor langsung ditelan semua tanpa dikunyah.

Efek arwana makan jangkrik :

  • Akuarium menjadi mudah kotor dan keruh, solusinya pakai ikan sapu atau ikan synodontis yang rajin bersih-bersih sampah pakan dan bangkai ikan
  • Kalau terlalu banyak makan jangkrik & keseringan, efeknya bisa mogok makan karena arowana bosen. Yang penting sesuai porsinya saja. Jangan terrlalu banyak / kekenyangan, karena ga bagus buat arwana. Contoh kita saja manusia misal terlalu over makan nya bakalan mendem bos.
  • Jangkrik juga memiliki risiko tertular penyakit lebih kecil daripada ikan mas. Juga jangkrik mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin A dan dapat memperbagus warna arwana. 
  • Selain itu jangkrik mengandung zat karoten dan kitin yang bisa memberi efek sisik yang indah, cerah dan mengkilap pada arwana.
     

Penyebab arwana mogok makan jangkrik :

  • Baru pindah tempat baru, adaptasi, arwana baru beli mogok makan
  • Stress
  • Habis ganti air
  • Kalau sudah kena kelabang atau keseringan kelabang jadi ga mau yang lain biasanya. Karena kelabang adalah makanan paling enak buat arwana. Makanya kalau arwana mogok makan dipancing pakai kelabang. Nah kalau nafsu makannya sudah normal ga mau makan yang lain. Caranya harus dipuasain tapi kalau dompet kuat beli kelabang terus dilanjutin saja. hehehe
  • Waktu makan jangkrik kakinya dipotong ga? Kalau ga dipotong, beberapa kasus bikin radang tenggorokan di aro nya.
  • Bosan makan jangkrik 
  • Ada luka di mulutnya, mungkin karena sariawan kalau manusia

Yang pasti kalau arwana mogok makan jangkrik gak usah khawatir. Selama ikan sehat, bersih ga ada luka ataupun markir. Enjoy saja. Kalau sudah laper juga makan sendiri.

Arwana butuh waktu lama kalau baru adaptasi. Dan gak usah memaksa ikan. Kalau ikan gak mau makan biarin saja, seminggu 2 minggu biarin. Nanti kalau sudah 3 minggu, boleh dongkrak pakai pil hobies. Saran saya sebisa mungkin biarkan ikan alami tanpa obat-obatan.

Cara mengatasi arwana mogok makan jangkrik :

  • Puasakan dulu, bervariasi bisa 3 hari - 1 minggu. Mempuasakan ikan arwana biasanya dilakukan jika kita ingin arwana ganti makanan, misalnya dari jangkrik ke udang, atau dari kelabang ke jangkrik.
  • Pakai pil hobies / Vitamin B kompleks. Jangan lupa sebelumnya dikasih garam.
  • Atur kondisi air stabil, dalam artian 20/30% dalam pengurasan. Lalu jangan lupa ganti kapas penyaringan tetap bersih. Heater pada suhu 28 -30
  • Coba pancing dengan cacing tanah yang lembut-lembut, sesuaikan dengan size arowana. Biasa kalau ikan mogok makan, pancingnya pakai cacing tanah biar normal kembali nafsu makannya. Selain cacing tanah bisa juga pakai ulet jerman, kelabang, udang, tombro dll untuk memancing nafsu makannya.
  • Kasih tankmate, biar seakan-akan persaingan rebutan makanan
  • Kalau ganti air sebaiknya jangan pakai air pam karena bau kaporit. Untuk mengantisipasi ikan kekurangan oksigen sebaiknya ganti air jangan langsung tapi air yang sudah disimpan beberapa hari dan sudah dikasih oksigen atau pompa gelembung. Pasti ikan langsung lahap lagi asal tidak penyakitan.
  • Sebaiknya ngasih makan arwana itu kalau bisa variasi, kadang jangkrik, udang, kodok, ikan kecil-kecil, pokoke divariasi biar tidak bosen jadi tambah rakus & cepet gede.

O iya kalau dikasih jangkrik gak dimakan, cepat angkat lagi, yang penting kondisi air tetep dikontrol. Ikan arwana yang mogok makan biasanya kendala di ai. Coba ganti air nya, jangan di buang semua, sisain 30%, air baru buat ganti harus diendapkan dulu setidaknya 24jam. Kasih garam ikan dan set heater.

Pengalaman saya nih, kalau sudah ganti air dan garam ikan secukupnya. Kemudian saya kasih pil hobi 2 biji. Untuk aquarium saya yang uk 1meter terus say puasakan  2 hari, terus saya kasih cacing tanah sekitar 3biji. Di hari esoknya baru saya kasih jangkrik sekitar 3 ekor di pagi hari. Supaya nggak kaget si ikan dan nggak stress maka malam-malam baru saya kasih 5 ekor jangkrik besoknya dijamin sudah mulai normal lagi jadwal makannya. Sampai sekarang jardininya habis 8ekor jangkrik dan jadwal makannya 5x sehari sekarang. Alhamdulillah rakus makan jardini 30cm saya.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.