Thursday, January 10, 2019

Berapa Lama Jarak Proses Kucing Melahirkan Anaknya

Anak Kucing baru Lahir

Kucing aku si Cerry aneh deh. Dia melahirkan anak pertamanya tanggal 22 Nov pukul 04.30 WIB. Terus melahirkan anak keduanya tanggal 23 Nov pukul 06.30 WIB. Anak pertama dan kedua selisihnya 27 jam.

Dari kecil punya kucing, terus sudah beberapa kali lihat kucing melahirkan, baru ini lihat rentang waktu yang begitu jauh. Biasanya paling lama selisihnya cuma 2 jam. Ada yang punya pengalaman yang sama kaya si Cerry?

Memang bisa saja sih. Tapi jarak 24 jam sebetulnya bahaya. Alhamdulillah tidak apa-apa, lahir dengan selamat. Bahayanya biasanya yang terakhir lahir bisa mati di dalam. Kemudian yang lahir duluan bisa mati pas nungguin induknya kontraksi anak yang belakangan.

Dan kalau misalnya ada yang mati di dalam ya kudu harus dibawa ke clinic & operasi. Karena bayi yang masih didalam bisa membahayakan nyawa ibunya. Nanti bayi & ibunya bisa mati.

Kucing temanku malah pernah sampai sehari tapi lahir-lahir sudah mati. Kadang bisa juga 3 hari setelahnya baru keluar. Ada juga yang sampai 2hari. Pertama 2, besok nya 2 lahir sehat semua. Malah ada yang jaraknya sampai seminggu baru lahir lagi.

Pernah lihat juga kucing kampung di kosan. Jarak lahirnya pertama 5 ekor siang hari, besoknya tambah satu lagi, terus besoknya lagi lahir seekor. totalnya 7 ekor. sehat.

Ada juga kucingku dulu cuma 1jam lahir 4ekor.

Kemudian kucingku betina yang satu lagi pernah lahir 5 jaraknya cuma 1/4jam. Tapi perutnya masih gedhe tak kira masih, ternyata sudah habis. Jadi sebenarnya lama proses melahirkan bervariasi. Dan baiknya bawa ke dokter hewan saja deh biar aman.

Kesimpulan : Lama enggaknya jarak melahirkan anak setiap kucing beda-beda cuman buat patokan mulai berhitung pada saat kelahiran anak pertama max 12jam kalau gak keluar segera hub vet/dokter.

O iya lupa, dari kucing hamil sampai melahirkan kira-kira 2 - 3 bulanan atau 8 - 9 minggu. Kemudian ciri-cirinya kalau pas mau melahirkan dia gelisah (seperti minta disayang, minta keluar). Buru-buru siapkan saja kardus beralaskan kain, di tempat yang agak tertutup, biar dia lahiran disana.

Dan setelah melahirkan sebulan kucing bisa hamil lagi makanya dalam setahun kucing paling sedikit 3x melahirkan. Wawwww.... Jadi kucingku sekarang totalnya ada 15 ekor.... huwauwww.. aku bisa apa!!!.

24 comments:

  1. Kucingku yg melahirkan pertama satu jam 4 ekor. Ini tgl 22 Desember 2019 jam 05.30 lahir 2 ekor, eprutnya masih buncit mungkin masih ada anaknya, ini masih nunggu lahiran lagi...

    Btw kalo mau sewa mobil lihat di www.inoofa.com

    ReplyDelete
  2. Kucingku melahirkan pGi dini hr ini sdh 4 tp yg satu dah mati kayakny ketindian,tp sptnya masih buncit dan kadang2 terlihat brkontraksi tp blm kekuar2 sampe sore gini..jd kawatir...baca artikel ini klw mmg ada yg jeda lama agak lega sdikit,smoga nnti bisa segera keluar lg,soalnya biasanya kucing2 ku yg lain lahiran pd gampang..tp cmn 3 ank..gk pernsh lebih dan selalu minta d tungguin,gk kayak persiaku yg ini,ngumpet2

    ReplyDelete
  3. Syukurlah aku sedikit lega. Soalnya kucingku juga sama, pas tgl 4 februari lahir 2, tgl 5 nya lahir lagi 1 dan sekarang perutnya masih sedikit buncit.. Takut masih ada lagi huftt

    ReplyDelete
  4. Kucingku baru ngelahirin 1 ekor nih,, udah nunggu 3 jam belum juga keluar lagi.., kasian air matanya keluar mulu, aku cuman bisa elus-elus aja.

    ReplyDelete
  5. Kucing q tgl 12 February kemaren lahiran 3ekor, tapi perutnya masih buncitzq fkir sih EMG dia gendut.cz q raba2 g brasa ad yg gerak lagi, dihari ke 13 setelah lahiran tingkah nya mulai aneh sprti mau bersarang.nah selepas subuh tadi q elus perutnya q coba rasain bener2 dan betapa kagetnya aq😯😮 kok ad tonjolan mirip kepala .tapi blm gerak2 sih .ky masih kecil.semoga bukan janin yg mati di dlm.aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak mau tanya, skrg gimana keadaan kucingnya? Apakah betul itu janin yg tertinggal? Soalnya kucingku jg lg lahiran trs masih kya ada janinnya😭

      Delete
    2. Maaf kak apakah kucing nya baik2 saja? Kucing saya sudah jeda 4 hari dari lahiran pertama :(

      Delete
    3. Kak, gimana kucingnya? Apakah setelah 4 hari kucingnya lahir lagi? Kucing saya juga begitu, sudah jeda 4 hari dari kelahiran pertama, tp blm ada tanda lg dia mau melahirkan

      Delete
  6. Kucing aku tgl 24 feb kmrn abis melahirkan 6 ekor, tapi tgl 25 feb ini kok kadang masih ngosngosan ya?, pas aku pegang perutnya kaya masih ada kepala 1 lagi, nafasnya kadang sampai bersuara, aku takut banget skrnggg, tolong reply yg bisa kasih saran😭😭😭

    ReplyDelete
  7. Kucing ku tadi jam 5 lahir 1 cuman sayangnya meninggal trus sampe skrg belum melahirkan lagi .. khawatir ini gapapa? Ak sama sekali ga berpengalaman buat masalah ini karnabini pertama kali melihara kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang gimana kak kucingnya? Apakah sdh melahirkan dgn selamat? Soalnya kucingku juga lahiran yg pertama meninggal skrg blm keluar lg anaknya😭

      Delete
  8. Kucingku jam 1 lahir 1ekor agak lama lahir yg ke2 kira2 2 jam kemudian lahir lagi 1ekor tp kondisi usus hati paru di luar perut.. Smpe skrg blm lahir lg pdhal di raba msh ad kepala bayi di perutnya.. Kepikiran jadinya

    ReplyDelete
  9. Kemaren kucing ku lahir satu ekor dan sampai pagi ini malah blom lahir lagi padahal ku raba perutnya masih ada yg gerak gerak kemungkinan masih ada anaknya...gmn ya caranya biar kucingku mau ngelahirin anaknya lagi...mohon infonya karna baru pertama melihara kucing

    ReplyDelete
  10. kucingku tgl 6 Januari kmrn jam 8 malam melahirkan satu ekor dan sampai hari ini tgl 7 Januari masih ga ada tanda tanda melahirkan lagi padahal perutnya masih buncit, yang bikin lega makannya banyak dan dia santuy aja. tadinya khawatir tp lihat postingan disini jadi agak lega

    ReplyDelete
  11. kucingku baru saja melahirkan anak yg ketiga ini ari2 sdh 30menit blm keluar2. indukx juga blm mau melepas tali pusarx jadi kasihan dan kawatir melihatx. bagai mana carax Harus diapain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab: potong aja tali pusatnya dengan hati" yg pastinya menggunakan gunting yg bersih dan tajam

      Delete
  12. Kucingku baru saja lahirkan 3 anak pas jam 12 - 3 7 - 8 febuari tetapi perutnya masih buncit pas ku raba kayak ada 1 atau 2 ekor kucing yang belum lahir. Dan sampai sekarang belum lahir juga dia sudah makan dan minum tetapi belum juga sudah 1 hari belum juga lahir😢😢😢😢

    ReplyDelete
  13. Kucing aku lahiran trus anaknya mati eh dimakan sama induknya, 🥺🥺 itu wajar ga sih? Trus perutnya masih besar aku takut klo bayi dlm perutnya udh mati

    ReplyDelete
  14. Minta saran dong kak ini kucing ku udah jeda 28 jam dr anak pertama ini belum ada tanda² mau lahiran lagi,tp Vagina nya kluar darah itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  15. Hari ini kucingku lahiran, trus dia ga mutus tali pusar anaknya malah dia sibuk jilatin darah nya dan akhirnya aku bantuin putusin dan plasentanya ga keluar, gimana dong😭 mana anaknya masih ada didalam lagi😭

    ReplyDelete
  16. O rupanya mmg lama ya jeda lahiran anak kucing itu. Soalnya ga pernah nungguin gini. Lahiran 1 ekor jam 5.30, jam 7 belom lahir LG. Pdhl hasil USG dokter hewan, anaknya ada 4 ekor. Trus gol nya lebih cepat 10 hari dr prediksi USG. Tanda tanda mau lahiran malah ga ada, cm ngeong2 kecil aja, tp pingin dimanja sih Uda 3 harian ini. Boboknya pingin di kelon trs. E tiba tiba aja subuh td dia ngejan dan langsung lahiran. Alhamdulillaah

    ReplyDelete
  17. Hari jumat kucingku kontraksi dari pagi, malem kluar kaki anaknya cm sebelah berarti kan sungsang, eh malah lari kluar rumah. Pagi saya lihat ada ngumpet d tanaman, akhirnya aku putuskan minta suamiku tarik keluar aja saat kontraksi karena pasti udah mati di dalam setelah semalaman gantung gt kakinya. Dan benar pas kontraksi beberapa kali akhirnya bisa keluar n jelas udah mati di perut anaknya. bantu tarik aja susah bener apalagi dia mau lahirin sendiri. Sekarang udah minggu pagi masih nunggu anak lainnya kok blm lahir2 kayak masih ada 2 kepala di dalam. Pas hari sabtu untung mau minum susu n sesendok nasi n telur. Karena dari kamis malam udah g mau makan. Aku kuatir karena baru kali ini bantu kucing lahiran. N ini kucing baru aja aku pelihara karena dia datang sendiri k rumah bulan lalu. Eh ternyata hamil. Moga dia baik2 aja n lahiran berikutnya ga sungsang lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii kak, kasus kita sama bangetttttt. kucingku juga persis sama kucing kakak dan dia juga dateng sendiri ke rumah. sekrang keadaan kucing kakak gimana? soalnya kucingku juga lahiran sungsang dari semalam kegantung"anaknya, dan tadi baru bisa di tarik, dan semua sisa anaknya masih dalem perut induknya:(

      Delete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.