Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Gatal & Obat Bersin akibat Alergi karena Bulu Kucing pada Kulit Anak / Dewasa

anak kucing

Biarpun suka bersin-bersin & gatal karena alergi sama bulu kucing tetap gak bisa kalau gak deket sama anak bulu. Terus bagaimana solusi biar gak alergi? Apa ada terapi nya/obat nya biar kagak bersin-bersin?

Padahal udah ke dokter dan dibilang memang alergi, solusinya ya tiap hari makan buah terus onty buat daya tahan tubuh biar ngak banyak bersin. Kata dokter tidak ada obatnya, solusinya jauhi kucing, padahal saya suka sekali dengan kucing.

Awalnya aku kira mungkin karena kucingnya sering guling-guling di tempat yang berdebu, jadi debunya lengket. Kucingku mandi 1 minggu 2 kali padahal. Terus kalau ke rumah orang yang ada kucingnya juga lama-lama deket kucing itu pasti bersin juga. Padahal ini tangan kalau lihat kucing bawaannya pengen ngelus-ngelus.

Gak apa-apa dah, saya rela bentol-bentol demi bercanda sama empusss. Derita alergi kucing. Apa perlu pakai masker kali ya. Tapi repot juga ya tiap deket kucing pakai masker.

Malahan ada teman aku juga, baru mpus lewat aja hidung dia langsung gatel. Bersin ga karuan mpe mata gatel keluar air pedih. Tetep aja dia pelihara mpus. Tapi dulu-dulu ga begitu katanya, fine2 saja. Kalau memang begitu, kenapa alerginya ga dari dulu-dulu. Menurut aku, mungkin juga daya tahan tubuhnya yang sedang lemah. Terus aku saranin dia cari 2nd opinion ke dokter lain deh.

Atau pastiin aja coba, hindari dulu tidur sama kucingnya karena kata dokter kan kemungkinan bulu hewan. Sebelum tidur dibersihkan dulu kasur dan lingkungan kamar. Coba beberapa minggu kalau gejala ga ada kemugkinan bisa karena bulu kucing.

Kalau aku sama suamiku dikeluarin dia ngeong-ngeong, akunya gak tega ya tapi gimana lagi. Kucing udah kayak anak aja, kalau aku di toilet aja pada nunggu di pintu toilet, kalau aku lama di toilet di gedor-gedor. 

Terus coba deh onty minum vitamin dan minum air putih yang banyak, karena cuaca sedang tidak baik seperti sekarang nih hujan terus tiap hari. Kan kalau imun onty sedang tidak baik jadi gampang terserang bakteri, atau mungkin binatang kecil lainnya.

Jadi jangan mengkambinghitamkan kucing. Gak cocok sama cuaca juga bisa menyebabkan gatal-gatal.

O iya, kalau gatal-gatal tidak selalu alergi kucing ya, bisa saja kena jamur, scabies, kalau iya berarti ketularan bukan alergi. Cek dulu kucingnya. Yang penting kalau kita lagi gerah segera ganti baju, jaga kebersihan, virus mudah menular kalau daya tahan tubuh kita lagi jelek.

Kemudian untuk menghilangkan gatal-gatal tersebut tipsnya : Kasih minyak telon (diolesi minyak tawon pasti sembuh), dicek kucingnya ada jamur, ringwoorm, scabies kalau iya kandangkan, isolasi, diperiksa rutin, obat, jemur dan Grooming. Pakaian sprei handuk sering dibersihkan jaga stamina. Jika stamina bagus tidak menular.

Dulu aku juga pernah gitu soalnya. Periksa ke dokter ternyata jamur. Ciri-cirinya gatal sama panas. Diberi salep jamur + obat radang + obat supaya gak gatal. Terus aku inisiatif mandinya pakai sabun asepso sampai sekarang.

Temen aku juga sesama pecinta kucing pernah tangan dan kakinya penuh bintik-bintik merah gatal banget, terus dia periksa ke dokter kulit katanya alergi kucing, tapi sama dokter dikasih saran beli obat acyclovir dan mandi pakai sabun dettol, sembuh dia nya, sampai sekarang ga kambuh lagi.

Terus, pernah baca juga, kata nya kalau alergi itu harus dilawan, ntar sembuh sendiri. Misalnya alergi bulu kucing, ya udah tetep main sama mpus, gitu tapi lupa baca dimana.

Pernah denger juga temen kantor, anaknya pernah kejadian gitu alergi katanya disarankan dokter jauh-jauh dari kucing. Dan beliau langsung memutuskan ganti dokter..hehe, dan sama dokter yang baru diobati bisa sembuh tanpa disuruh menjauhi anabul.

Atau kalau benar-benar alergi dengan bulu kucing mungkin cocok dengan kucing jenis Sphynx, Bambino, atau Peterbald yang unik. Karena bulunya tipis sekali. Yang punya jenis kucing ini ada? ada, Raditya Dika kayaknya. Tapi harganya bokkk mahal banget bisa buat beli motor baru. Iya gatal-gatal ilang, tapi aku malah geli lihat kucing ga ada bulunya.

Tapi itu dulu awal-awal pelihara kucing selalu bersin-bersin, tapi pas kesini-kesini sudah berkurang, paling hanya pagi hari saja, selebihnya udah gak. Aku selalu sedia lakban untuk bersihin bulu-bulu kucing dan tempat-tempat yang riskan nempel bulu kucing, seperti kamar tidur khususnya kamar aku tidur harus steril dari kucing. Selain tempat itu dia bebas kemana saja. Makanannya juga aku jaga biar bulunya gak rontok, sekalian steril biar gak rontok juga pas lagi birahi.

Ok onty, mau nulis unek2 panjang lagi sebenarnya, tapi ntar kepanjangan... hhehe.... corat corett dah di komen.

Post a Comment for "Gatal & Obat Bersin akibat Alergi karena Bulu Kucing pada Kulit Anak / Dewasa"