Thursday, January 31, 2019

Kenapa Ikan Arwana Berenang ada di Dasar Akuarium

Arwana berenang di dasar akuarium

Pernah lihat arowana yang kurang aktif, jarang gerak paling muter akuarium 3 kali nanti diam lagi. Kebanyakan di dasar dan diem di lantai aquarium.

Tenang saja, selama aro mau makan, tidak terbalik, megap-megap, nungging, tidak nafsu makan, atau lemes artinya aro sehat. Yang membedakan mungkin mentalnya kurang baik. Pengalaman saya pelihara aro, mental jadi pembeda di masing-masing karakter ikan.

Penyebab arowana sering berenang di dasar akuarium biasanya
  • Ikan kekenyangan (solusi, kasih makannya jangan keseringan /kekenyakan atau dipuasakan dulu). Atau bisa juga coba dua hari makan 1 hari puasa, untuk menjaga ke aktifan ikan mencari mangsa.
  • Stres
  • Ikan baru
  • Ikan masih baby /anakan / kecil
  • Kondisi air yang kurang bagus  (solusi, rajin kuras air)
  • Kaget karena baru dipasang lampu tanning  (solusi, matiin lampu tanning dulu, sesekali dinyalakan sampai terbiasa)
  • Air yang terlalu dingin, musim hujan, cuaca yang dingin (solusi kasih heater)
  • Mental drop , biasanya kena lampu tanning (solusi stop dulu lampunya)
  • Tank terlalu kecil
  • Tank kebanyakan aksesoris

Beberapa point di atas juga pernah dibahas pada artikel sebelumnya Ikan Arwana Parkir Diam saja di Pojok Dasar Akuarium. Boleh dibaca lagi karena di sana sudah lengkap.

Kalau penyebab arwana kekenyangan coba dipuasakan dulu. Kalau sudah dan ternyata masih sama coba cek apakah dia stres, misalnya karena lingkungan baru, baru pindah tank, pindah tempat akuarium, berada di lingkungan yang ramai dilewati orang, atau banyak pernak-pernik di dalam akuarium?

Selain itu kondisi air yang gak cocok juga dapat menyebabkan arwana stres bahkan lebih parah lagi sakit. Kalau sudah begitu coba pasangkan heater dan kasih obat namanya Acriflavine kalau ga salah, banyak dijual di toko-toko ikan hias. Heaternya set di 32.

acriflavine plus

Untuk menghilangkan stress aro bisa tutup akua full tank pakai bahan biar ga lihat orang mondar-mandir, lihat saja reaksinya, paling juga 3 harian normal lagi. Kalau sudah normal buka penutupnya jangan sekaligus dibuka,sedikit-sedikit dulu. Itu nutupnya semuanya ya, samping,atas,depan + arus sedikit kalau bisa, sama ganti air 30% InsyaAlloh 3 hari normal. Jangan lupa juga lampu matiin. Soalnya saya dulu pernah begitu. Untuk ikan Uk 20cm volume  tinggi air 25 sampai 30.

Untuk kualitas air yang kurang bagus, solusinya rajin-rajin saja air diganti jangan lupa diendapkan dulu, setelah diganti pasangkan heater. Baiknya 5 hari sekali ganti 30% jangan lupa sekalian media filternya bersihkan, kalau perlu ganti, jangan lupa gosok tanknya. Alat buat gosok bentuknya kaya karpet, atau beli saja di toko aquarium. Kalau mau bagus lagi bukan 5 hari sekali tapi 2 hari 1x, cara nyuci tanknya ikan jangan dipindahin biarin saja di dalam tank, pelan-pelan saja gosoknya. Ganti air 80%, pakai heater 30°-32°C, kasih tankmate contohnya ikan kapiat.

gosokan pembersih akuarium

Pernah juga sampai aro berenang nungging, maunya di dasar aquarium terus. Yang penting pangkal ekor belum turun coba turunin air setinggi badan (1,5 badan ikan), kasih heater 32 kemudian beli cipro di apotik dan matiin filter juga boleh, aerator juga cukup. Terapi arus bisa sembuh tapi ingat dengan catatan ekor ga bengkok dan perut ga penyok.

Kalau ikan arwana tidak mau makan, coba matiin lampu sampai ikan mau makan. Kalau ada penutup atau tirai, tolong ditutup kacanya dari lalu lalang orang yang lewat, karena aro itu senstif. Coba kasih vitamin, namanya hobbies, cemplungin ke tank satu butir, untuk mengurangi stress aro dan menambah nafsu makan. Banyak di jual di toko ikan gitu.

Vitamin hobie ikan

Sebenarnya tiap jenis arwana mempunyai karakter dan mental yang berbeda tapi untuk mengatasi arwana parkir di dasar secara umumnya seperti itu.

Nah...  solusi paling ampuh arwana berenang di dasar biasanya hanya ditambahkan arus saja sudah beres sudah aktif lagi. Kalau yang ini sudah banyak dialami kawan-kawan dan terbukti berhasil.

Saya juga punya jardini 30cm, tapi sering renang di bawah, ke atas cuma waktu makan, coba pindah tank juga sama saja, terakhir kemarin juga sempat mogok makan, dan dikasih tankmate kapiat pingtail gede
selalu dibunuh dalam hitungan jam, kasih palmas juga loncat malahan.

Memang untuk arwana ada di dasar akuarium banyak yang nyaranin kasih tankmate sama kapiat biar dia ikut aktif. Cara ini ada yang berhasil ada yang tidak, sebagian berhasil karena aro juga butuh hiburan ikan kecil biar bisa berburu. Tapi pernah coba saat dimasukin kapiat malahan dibully. Saya coba maen diheater, rajin nguras, garam dia aktif lagi.

Kemudian pernah mogok makan juga, katanya coba pancing pakai jangkrik. Dia jadi mau makan lagi.
Cuma yang disayangkan kalau dikasih ikan mas ga dimakan, tapi jangkrik cecak kodok kelabang dimakan.

Terkadang ada juga kasus arwana kalau di lihatin dia diem ada di dasar, tapi kalau ga dilihatin biasa saja. Makan juga sama, kalau sudah ga ada yang lihat baru mau makan. Kalau yang ini tidak usah khawatir karena nanti juga normal sendiri kalau sudah nyaman. Biasanya ikan baru kalau begini. Kalau tidak, aku pernah punya kasus ternyata aro takut gelembung-gelembung dari power head dan aerator.

O iya lupa, kalau ikan masih baby/ kecil itu hal yang biasa, masih sering kaget-kagetan dan penakut. Memang sebagian besar kalau masih anakan mental aronya begitu, nanti juga kalau sudah tumbuh besar gak lagi, cuek saja ada orang ataupun ga ada orang. Aro saya juga dulu begitu. Malahan tanknya aku taruh di tempat ramai biar mentalnya jadi oke.

Ada lagi kasus arwana aneh yang kalau sepi suka diam di dasar tank. Tapi kalau didekatin lanjut renang lagi, pas sepi diem lagi. Kira-kira apa penyebabnya? apakah ikan lelah berenang? kalau yang ini asal mau makan tidak apa-apa. Paling cuma mentalnya lembek, cocoknya taruh di kolam.

Untuk pemasangan heater diperlukan jika tinggi air misalnya 40cm, karena kalau air tinggi maka suhu air menjadi dingin sehingga membutuhkan heater biar hangat, ciri aro turun diem di bawah juga kebanyakan karena suhu air dingin. Tapi juga lihat kondisi ikan ke depannya kalau sudah lincah bisa dimatikan heaternya.

Arwana berenang di dasar aquarium

arwana diam di dasar

1 comment:

  1. Selama 3hari full lampu dimatikan? Terus untuk clavarine nya dikasih 1x saja?

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.