Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Bikin Kapok & Menghilangkan Kebiasaan Kucing Berak Sembarangan

Kucing Berak Sembarangan

Mau tahu dunk caranya agar mpus nya gak berak sembarangan di rumah terutama di tempat yang empuk-empuk seperti kasur ??? kan cape mesti bersih-bersih tiap hari. Apa ada hubungannya sama birahi dia yang ngga keturutan ya. Soal e dulu kucingku sudah berak di pasir. Tapi makin kesini makin sembarangan, kayak susah diatur.

Sepertinya tidak ada hubungannya dengan birahi, karena kucing saya juga birahi nggak keturutan tapi tetep pup pip di litterboxnya. Terus kemarin kucingku jantan 2 ekor, udah mulai birahi tapi masih pinter pup sama pip di litterbox, gak kemana-mana, dari kecil dah diajarin terus pasirnya juga sering dibersihin.

Kalau begitu coba tempat yang diberakin kasih cuka, atau lantai di pel pakai bayclin untuk matikan kuman dan agar kucing gak suka pip & pup dilantai lagi. Kucing gak suka bau menyengat. Atau kalau punya halaman luas, mending dibiasakan dulu di luar rumah / halaman, kasih main agak banyakan waktunya di luar rumah dulu.

Sama kucing saya yang putih, Emang sih dia ga pindah-pindah pup pip di pojokan. Pas ditaruh pasir tetep aja dia pup nya di luar pasir. Dikandangin ditaruh pasir eh malah pup nya di kain. Udah ada setengah taun ngajarin dia tetep ga ngerti-ngerti. Akhirnya kalau belum jam 11 malam ga saya kasih masuk, setelah jam 11 baru boleh masuk rumah.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Kucing Berak Sembarangan

1. Sediain pasir sama litter box. Kalau tidak ada litter box bisa pakai baskom isi pasir di tempat biasa buang kotoran nya. Kemudian pelan-pelan dibimbing buat pupnya di satu tempat saja. Lama-lama juga paham kok, kucing itu hewan hafalan. Jadi dia makan, minum atau pup dimana letaknya semua serba hafalan & kebiasaan.

2. Pakai kandang dulu saja, simpan sama pasirnya. Jadi caranya dikandang dulu, pas waktu jamnya dia pup kasih litterbox. Sudah pup keluarkan lagi, begitu seterusnya. Dan kalau sudah terbiasa pup di pasir, litterboxnya bisa dipindah di luar. Itu cara saya biasa ngajarin kucing agar terbiasa pup dibox.

Pakai litter box yang warnanya agak mencolok yang sekiranya kucingnya suka. Kalau masih bandel, kandangin aja sedian litter box di kandangnya, jadi bisa belajar babnya tertib. Untuk kucing yang tidak biasa dikandangin, awalnya pasti bakalan brontak, tapi lama-lama entar kalau udah terbiasa anteng kok.

3. Kalau ga di kandang pas berak sembarangan, pupnya pindah ke pasir. Nanti dia bakal hapal sama bau pupnya. Jadi intinya itu kotoran kucing taruh di pasir, habis itu pasir taruh di box.

4. Kalau saya dulu pas adopt umur 3 bulan dikurung semalam di kamar mandi, jadi sampai sekarang udah 8 bulan kalau pup pasti ke kamar mandi

5. Kalau teman saya, kucingnya kasih lihat, kasih cium pup nya terus dipukul (pukul mendidik bukan nafsu)

6. Pantat mpus dikasih pasir ntar dijilati, jadi nanti dia tau harus ke pasir pup nya.

7. Pupnya jangan dibuang tapi dipindah ke tempat yang disediakan, misal litterbox atau halaman yang ada pasirnya. Ingat-ingat kapan dia mau pip atau pup. Pas mau pup langsung pindahin ke tempat yang ada pupnya. Aku dulu gitu. Dan itu perlu latihan beberapa kali.

8. Ambil kotorannya, kemudian ditaruh ke tempat yang diinginkan (misal kamar mandi, atau kalau punya litter box lebih baik, taruh di pojokan kamar mandi), kemudian ajak mpusnya melihat kotorannya yang sudah dipindahkan (dekatkan ke kotorannya). Lakukan terus ketika dia buang air di tempat lain. Nah, ngajarin mpus itu gak akan bisa cepat mengerti, jadi harus sabar-sabar ya ngajarinnya.

9. Sebagian besar kucing punya kebiasaan setelah makan pagi lalu minum terus cari tempat untuk pup. Jadi setelah makan pagi tungguin saja sampai selesai lalu kucingnya ditaruh di box pasir. Jadi pup atau tidak tetep taruh box pasir, lama-lama dia tau. Kucing itu salah satu binatang yang pandai menurut saya.

10. Kalau kita ke WC diajak ketika kita buang air misal nya. Coba mpus nya dipegang pantatnya terus digoyang deket closhet nya. Mpusku juga gitu pup n pip dimana aja, tapi setelah dia diajarin gitu akhir nya ngerti.sekarang pup nya di wc.

Tanda-Tanda Kucing mau Berak

Biasanya kalau mau pup dia ngendus ngendus daerah sekitar dia pup. Lihat kalau garuk-garuk lantai langsung bawa ke wc & tungguin sampai berak tapi kalau kagak berak-berak, masukin kandang bersama litter box yang ada pasir nya. Kalau kittenku biasanya dia memperlihatkan tanda-tanda pantatnya yang ditempel di kasur siap-siap mau poop, terus nyakar-nyakar sprei kasur banyak kali kayak kucing yang kalau nguburin poopnya di pasir.

Cara bikin Kapok Kucing Berak Sembarangan

Pas lihat tanda-tanda dia mau buang kotoran, sigap bawa ke pasir. Dan kedua kakinya pegang buat nutupin kotorannya pakai pasir, sambil ngomong "besok kalau poop pipis disini lagi ya." Kalau lagi garuk-garuk lantai, cepat angkat taruh di kamar mandi lalu tutup. Biar ngeang-ngeong biarin dulu. Ntar dilihat sudah pup/pip. Lama-lama jadi kebiasaan pup/pipx di kamar mandi. Kucingku semuanya begitu. Teratur.

Kalau kucing dewasa cara memberi efek jera, di saat lihat dia lagi pup /pip langsung pegang usapkan muka nya ke kotoran pegang beberapa menit sampai dia merasakan bau nya sendiri, langsung mandikan setelah beberapa menit di jamin kapok. Terus bersihkan semua rumah pakai detergen tempat yang sering di pakai pup taruh makanan di situ karena kucing tidak akan pup di tempat dimana dia makan dan dia juga tidak mau dengan kotoran nya sendiri.

Ngajarin kucing pup di tempat tertentu misalnya kamar mandi kalau sudah besar memang agak sulit, lebih enak kalau ngajarin yang masih kecil. Cara ngajarin kucing pup di kamar mandi ada beberapa cara, pertama kalau habis makan kurung di kamar mandi sampai dia pup, setelah itu boleh dilepasin. Kedua, untuk terbiasa di kamar mandi, colek kotoran nya itu pakai cuttonbud, kemudian bau kan ke hidung kucing tersebut. Lalu cuttonbud tadi tarok di kamar mandi, kucing akan mengenali bau eeknya itu..

Ngurus anak anabul ini kaya ngurus bayi beneran sama capeknya, belum pinter dikasih ajar harus sabar yang penting dibiasain aja waktu pup atau pip dibawa ketoilet nanti besarnya bisa pergi sendiri ketoilet.

Untuk induk kucing yang biasa pakai litter box, biasanya kitten ngikutin kebiasaan induknya, jadi ga usah ngelatih, otomatis dia ngikutin induknya. 

Bagaimana pengalaman onty ongkel?

Post a Comment for "Cara Bikin Kapok & Menghilangkan Kebiasaan Kucing Berak Sembarangan"