Wednesday, March 4, 2020

Kulkas Sharp/Polytron dll Berisik Bunyi Berdengung Keras Pletak Tok Tok Tek Tek

Kulkas rusak

Kenapa keluar suara aneh pada kulkas? suaranya berisik banget, serius, kulkasnya dingin tapi ya itu ada suaranya berisik. Takutnya kenapa-kenapa. Menurut kalian apa perlu diservis? mahal apa tidak kalau diservis?

O iya, kita asumsikan bahwa kita belum tahu pasti apa penyebab berisiknya itu.

Nah, untuk mengetahui penyebabnya caranya gampang teman-teman. Pertama-tama kita check dulu, apakah suaranya dari belakang, bawah atau dari dalam kulkas?


Periksa apakah bunyi suara berisik datang dari belakang, bawah, atau dalam kulkas?

Kalau suara berderak (berderik) berasal dari bawah, saya pastikan kemungkinan besar suara tersebut dari saluran pembuangan. Kalau seperti ini cara perbaikannya cukup mudah, jadi tidak perlu terlalu khawatir.

Sedangkan kalau suara berasal dari belakang lemari es, biasanya ada masalah pada timer defrost kulkas, kipas kondensor, atau kompresor.

Nah ini yang perlu diwaspadai kalau kompresor kena, harganya bisa jadi sangat mahal. Tapi kebanyakan kasus yang bermasalah adalah timer defrost kulkas dan ini  perlu diganti. Habis diganti beres masalah.

Kemudian kalau kebisingan berasal dari kipas kondensor caranya cukup mudah, cukup bersihkan debu dan serpihan yang menempel di antara bilah-bilah kipas tersebut menggunakan sikat yang lembut. Dan pastikan kita sudah mencabut aliran listrik dari kulkas sebelum membersihkan atau memperbaiki.

Ada lagi, bising yang dari dalam kulkas, kalau ini kemungkinan besar penyebabnya adalah kipas yang mengalirkan air melalui bagian freezer dan lemari es. Untuk memastikannya coba tekan tombol lampu di freezer.  Jika kipas sirkulasi penyebabnya maka suara akan menjadi lebih keras. Satu-satunya cara perbaikan adalah dengan mengganti kipas tersebut.

Kipas Kondensor
Memang tidak semua lemari es mempunyai kipas kondensor, tapi kalau kulkas kita ada kipas kondensornya, biasanya letaknya ada di belakang panel akses di belakang kulkas. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kalau kulkas berisik dan penyebabnya kipas kondensor kita hanya cukup membersihkannya dari kotoran yang menghalangi kipas kondensor tersebut. Juga jangan lupa periksa karet grommet, apakah terjadi keausan atau tidak.

Kipas Evaporator / Fan Evaporator
Letaknya ada di belakang lemari es. Untuk memperbaikinya kita perlu mengeluarkan seluruh isi lemari es dan membuka panel bagian dalam dengan membuka sekrup atau klip penahannya.

Untuk melepas sekrup gunakan obeng, kemudian setelah terbuka panelnya, kita periksa apakah bilah kipas tersebut beroperasi dengan lancar dengan cara memutarnya. Periksa juga kabel dan semua komponen yang terlihat aus, bersama karet gommet. Jika ternyata bilah kipas tidak bergerak bebas atau ada tanda kerusakan atau korosi pada kabel atau konektor silakan Anda ganti bagian-bagian ini.

Kompresor
Kompresor kulkas yang bising merupakan masalah umum, dan dalam beberapa kasus penyebabnya adalah kipas kondensor. Kita dapat mengeceknya dengan mencabut motor dari kipas konensor, kemudian memasukkan kembali ke dalam kulkas dan perhatikan apakah masih bising? Kalau iya, bisa jadi kompresornya yang rusak. Jika memang demikian sebaiknya segera panggil teknisi profesional.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.