Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Kompresor Kulkas Gagal Start Hidup Sebentar lalu Mati tapi tidak Dingin

Kulkas isi buah

Kompresor adalah jantung kulkas. Unit kompresor biasanya terletak di bagian bawah kulkas. Cara kerjanya adalah perangkat mengompres refrigeran (zat pendingin) kemudian mengirimkannya ke koil kondensor yang berada di belakang kulkas dan kemudian menukar panas yang dihasilkan dengan udara sekitar.

Tapi apa yang terjadi jika tiba-tiba kulkas bermasalah? misalnya, kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin. Maka jangan buru-buru panggil tukang servis kulkas, karena bisa jadi penyebab masalah sebenarnya sangat sederhana dan dapat kita perbaiki sendiri. Namun apabila masalahnya cukup rumit, terpaksa mau tidak mau membutuhkan perbaikan tukang profesional, kecuali kita memiliki keterampilan sendiri dalam memperbaiki kulkas.

Solusi Kompresor Kulkas Gagal Start / Hidup Sebentar Lalu Mati


Thermostat
Penyetelan thermostat yang kurang tepat dapat menyebabkan kompresor kulkas hidup sebentar lalu mati. Kompresor adalah bagian utama dibalik fungsi pendinginan kulkas. Suhu yang ada di dalam kulkas menentukan kapan termostat mengirimkan sinyal untuk menyalakan kompresor.

Untuk melihat apakah kompresor rusak atau bermasalah, caranya : Setel termostat ke pengaturan yang lebih rendah, kemudian amati apakah kompresor hidup dan kemudian tetap menyala? jika iya, berarti kompresor baik-baik saja alias tidak memiliki masalah.

Kabel Listrik
Cabut kabel kulkas dari stopkontak di dinding untuk memeriksa kabel listrik. Jika kabel listrik pada kulkas ternyata aus atau berjumbai, maka kemungkinan tidak dapat mengalirkan daya dengan benar dari stopkontak ke kompresor.

Kabel daya yang rusak dapat menyebabkan hubungan pendek yang menyebabkan kompresor nyala kemudian mati, akibat aliran listrik di kabel putus nyambung. Ini juga dapat menimbulkan bahaya keselamatan seperti menyalakan api jika tidak segera diperbaiki.

Jika kita ragu akan kualitas kabel daya tersebut, maka kita dapat menggantinya dengan yang baru dengan harga yang murah. Setelah itu pasangkan kembali kabel daya yang baru ke stopkontak saat kita sudah menggantinya, Jika kulkas berfungsi normal, maka masalah selesai.

Kotoran dan Debu
Kulkas dengan gulungan kondensor yang kotor tidak dapat beroperasi secara efisien. Hal inilah yang menghambat kemampuan kompresor untuk tetap menyala (gagal start), karena penumpukan debu dan kotoran yang menyebabkan kompresor dan motor kulkas menjadi panas.

Gunakan penyedot debu dengan selang untuk menghilangkan kotoran debu dari gulungan coil pada kulkas, jangan lupa menggeser kulkas dari dinding untuk memudahkan pembersihan.

Singkirkan kotoran dari motor dan kompresor untuk menjaga kulkas beroperasi secara optimal. Juga pastikan kulkas memiliki cukup ruang di sekitarnya agar udara bersirkulasi dengan baik dan mencegah penumpukan panas saat kita mengembalikan kulkas ke tempatnya.

Penumpukan Es
Ketika freezer kita sudah terlalu lama, ada kemungkinan penumpukan es di dalam kompartemen kulkas. Penumpukan es ini juga dapat mempengaruhi kemampuan kulkas untuk berfungsi. Cobalah cabut kulkas dari stopkontak untuk mencairkan es seluruhnya.

Relay dan Kapasitor
Ketika kompresor kulkas tidak menyala, kapasitor start atau relay yang terhubung dengan kompresor mungkin mengalami masalah.

Terutama jika akhir-akhir ini mengalami pemadaman listrik yang dapat menyebabkan elemen-elemen ini mengalami malfungsi selama lonjakan daya saat listrik menyala kembali.

Kapasitor dan relay sering menjadi penyebab masalah terbesar dalam hal kompresor yang tidak berfungsi dengan baik, tapi mudah diganti oleh seorang teknisi.

Post a Comment for "Kompresor Kulkas Gagal Start Hidup Sebentar lalu Mati tapi tidak Dingin"