Tuesday, July 14, 2020

Pengalaman Mengurus & Biaya Perpanjangan di SIM Corner Tunjungan Plaza TP1 Surabaya


Just sharing aja tentang proses pengurusan perpanjangan SIM di pelayanan SIM Corner ( Tunjungan Plaza Surabaya / TP1 ). Beserta biayanya.

Di bawah ini adalah pengalaman seorang teman:

Hari ini sebetulnya saya bermaksud ke TP1 untuk mencari info mengenai proses perpanjangan SIM. Tapi berhubungan bisa langsung diproses, maka saya proses sekalian. Intinya adalah proses administrasi, dokumentasi hingga cetak SIM itu cepat. Sekitar 30 menitan saja SIM kita sudah jadi.

Gampang & cepat kan?

Sebetulnya justru proses untuk kelengkapannya yang lebih lama daripada proses pembuatan SIM nya.

Okey, detailnya sebagai berikut.
Saya datang ke SIM Corner TP1 sekitar jam an. Hari ini kelihatan sepi, saya pikir pelayanan ini msh tutup akibat Pandemi Corona. Tapi ternyata pelayanan masih buka.

Karena saya maunya cari info saja, jadi saya tidak membawa kelengkapan persyaratan sama sekali. Saya hanya membawa kartu SIM dan eKTP. Namun dijelaskan oleh petugas lebih lanjut, seperti pada foto X Banner dibawah ini.

1. Jam buka pelayanan mulai jam 11.00 - 19.00 WIB. Jadi sesuaikan waktu anda ya gaess.

2. Membawa eKTP & SIM Asli.

3. Membawa Fotokopi eKTP & SIM Asli.
Ini kesalahan saya, sehingga saya harus cari tempat fotocopy sekitar > 500 meter di luar mall. ( gak terlalu jauh koq, gang masuk yang ada di selatan TP1 ).

4. Membawa Surat Keterangan dokter & Surat keterangan hasil Psikotest. Kalo di TP2, ada tempat praktek dokter umum. Biaya Surat Keterangan dokter sebesar 40rb & biaya Psikotest sebesar 50rb. Proses ini sekitar 15 - 30 menitan aja. Jangan lama-lama ngisi dokumen psikotest yach..


5. Menyerahkan dokumen kelengkapan kepada petugas penerimaan dokumen dan selanjutnya membawa dokumen administrasi ke bagian pembayaran. Biayanya untuk perpanjangan SIM A sebesar 80rb. Proses ini sekitar 5 menitan aja.

6. Selanjutnya mengisi formulir dokumen perpanjangan SIM serta menyerahkannya kepada petugas penerimaan & entry dokumen ke System pengolahan data SIM. Selanjutnya saya menunggu di tempat yang telah disediakan dan sekitar 10 menitan berikutnya saya menerima panggilan untuk proses foto, input sidik jari & paraf.

7. Sekitar 10 menitan berikutnya saya mendapat panggilan untuk menerima SIM yang sudah jadi.

Selesai.

Demikian, pengalaman seorang teman, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.