Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Penyebab Mobil Terbakar sendiri Kondisi Mesin Mati saat Terparkir

Nissan terrano terbakar


Lagi berduka om, Mobil saya kemarin saya cuci pagi hari, termasuk mesin saya siram, mobil sempat diajak keliling-keliling dulu habis nyuci kira-kira 1km an. Dan saya taruh di garasi mobil saudara tepat jam 2 siang.

Pas tengah malam jam 2 malam, ditelpon saudara katanya mobil terbakar. 

Ternyata benar, kebakaran terjadi di dalam mesin. Alhasil seluruh mesin terbakar dan belum membakar bagian luar mobil, Kira-kira apa penyebabnya? Padahal mobil lagi disayang-sayang nya. Apa iya kosleting karena basah, padahal mobil sudah diajak jalan, saya pikir mesin sudah kering saat jalan itu.

Terus gimana ni, diapain? Kalau bodi masih bagus tinggal swap engine aja. kalau dasboard beli kampakan banyak yang jual. Kemungkinan masih bisa dikresasi ulang, saya pikir bodinya masih bagus, Yang kebakar bagian depan area mesin aja.

Juga saya lihat bagian bawah seperti vantbelt AC masih utuh kemungkinan kebakaran belum sampai bawah kolom

Nissan Terrano


Ini pas nyuci kemarin

Kabin mesin terrano terbakar


Penyebab kebakaran nya dari bagian sebelah kanan ruang mesin. Terlihat dari warna ruangan yang banyak berubah menjadi kuning dan keputihan sedangkan di bagian lainnya hanya berwarna hitam. Di bagian kanan luar juga warna cat mengalami kepudaran tepat di bagian tengah, dan cover ban pun meleleh di bagian luar, sedangkan saya yakin bagian sebelah kiri pasti cover ban nya masih menempel. Kalau menurut saya pribadi fix ini dari aki, karena beberapa part juga terlihat meleleh di dekat aki, Sedangkan bagian yang jauh dari aki tidak, dengan begitu pasti sumber apinya dari aki.

Ada kemungkinan sehabis disiram area mesin masih ada yang basah hingga terjadi konslet. Yang paling dominannya di area baterai. Benar, Kalau bisa saat mencuci baterai dilepas sampai kondisi kabin mesin betul-betul kering.

Jika ada compressor bisa disemprot sampai kondisi air benar-benar tidak ada terutama di area kelistrikannya

Kejadian ini sama persis dengan mobil teman saya yang dicuci termasuk semprot mesin karena baru selesai off road. Terbakar juga karena ada kabel kena semprotan air dan korslet. Untungnya ada cut off engine. Mungkin penyebabnya sama, kabel terdorong semprotan air dan korslet.

Waktu itu posisi mesin dalam keadaan mati terbakar di lokasi tempat cucian. Kira-kira 10 menitan setelah selesai cuci mesin dan sedang bersihin kabin dalam mobil.

Bisa terjadi karena mungkin nempel antar kabelnya tipis saja. Jadi prosesnya tidak langsung.

Kejadian seperti itu memang sering terjadi, terlebih posisi mesin dalam keadaan mati, sepertinya ada kabel arus + (plus) yang liar itu om. Tapi kata tetangga ada yang sempat lihat kayak nyala lampu strobonya. Pas sebelumnya sekitaran jam 11 malam ada yang lihat kayak lampu ambulan warna biru nyala terus-menerus katanya.

Memang biasanya untuk kabel accesoris yang rentan bocor, hati-hati juga kadang-kadang ada tikus yang suka iseng. Awal mula dari kabel nglupas atau dari sambungan yang kurang bagus. Bisa jadi penyebabnya.

Jadi saran saya, untuk pengalaman rekan-rekan yang lain agar dipasang cut out (pemutus arus) dan setelah cuci mesin agar disemprot pakai kompresor dulu sampai kering.

Kerjaan tikus gigit kabel om. Jadi biasain kalau selesai pakai aki +/- dilepas.

Dan menurut saya di cek kalkulasi, kalau gak makan biaya banyak di restrukturisasi saja kabel-kabelnya. Saya punya pengalaman sama juga mobil kebakar area mesin termasuk grill lampu depan evaporator ac dll habis. Tapi saya perbaiki habis dana waktu itu kira-kira 25jt sampai sekarang aman. Saya lihat kondisi mobil masih bagus, mulus eman kalau dikapak.

Cuci mesin ya om? kayaknya konslet di seputaran aki-nya (kena rembesan air). itu korselt di aki. Kalau bisa socket aki yang merah tambahin karet bekas ban dalam untuk menghindari rembesan air, kemungkinan dari situ, kalau nggak air masuk dari socket alternator, kalau dari kabel-kabel kayaknya nggak deh karena rata-rata kesambung ke sekering jadi putus dulu sebelum nyamber kemana-mana.


Post a Comment for "Penyebab Mobil Terbakar sendiri Kondisi Mesin Mati saat Terparkir"