Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Memelihara & Menebar Benur Udang Vaname yg Benar agar tidak Mati

Kolam tambak udang vaname

Maaf mohon pencerahannya,, saya bingung mau gimana, sudah 2 kali tebar tapi udang langsung mati, kondisi air ijo kecoklatan.. Kira-kira apa yang harus saya lakuin agar udang tidak langsung mati?

air kolam udang vaname jadi hijau


Udang yang baru ditebar mati disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah salinitas nya yang ga cocok. Sangat pengaruh karena kunci nya di awal penebaran adalah salinitas. Kemudian kalau untuk bibit tawar apa air nya sama tawar juga? apa sama harus di kasih garam? iya harus sama antara air tambak milik kita dengan air di tempat pembelian benur nya.

Dalam artian, sebelumnya samakan dulu kondisi air habitat awalnya sama di kolam milik kita. DO, Salinitas, Kecerahan, Suhu, pH. Kalau sudah cocok dan sesuai tapi masih mati cek kandungan air sumbernya.

Untuk mengecek airnya, untuk Salinitas pakai Salinometer, pH pakai pH meter beli yang pH kertas enak juga lebih murah. DO juga ada alat nya DO meter buat ngukur oksigen.

Tapi maaf, kalau saya sendiri biasanya sebelum tebar bibit minta sampel bibit dulu, terus di taruh di aquarium atau wadah sambil dikasih aerator, kalau dalam 2-3 hari yang hidupnya banyak, baru siap,  tapi kalau sebaliknya jangan dulu, berarti airnya belum siap, perlu diolah lagi sampai siap.

Atau sebelum tebar ditest dulu air nya, taruh di ember kasih bibit sedikit. Karena kita belum tau air itu dah bagus apa belum, kalau main tabur aja ya giniana jadi nya.

O iya jangan lupa bibit diaklimatisasi dulu dengan air media budidaya, taruh benur di dalam kolam nunggu sampai kantong plastiknya mengembun baru di tebar, 5-10 menit dah.

Jadi intinya benur yang di kantong plastik ditaruh ke tambak lalu dibuka karetnya, dibiarkan dulu untuk mendapat kan suhu air yang sama dengan air tambak dan air yang di dalam kantong plastik, setelah agak sesuai baru benur nya yang di kantong dituangkan ke tambak.

Post a Comment for " Cara Memelihara & Menebar Benur Udang Vaname yg Benar agar tidak Mati"