Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Menanam & Bibit Varietas Kentang di Dataran Rendah tidak Berbuah

kebun kentang di dataran rendah
 

Cara Menanam Kentang di Dataran Rendah

Tanah dataran rendah apa bisa di tanami kentang? ga bisa jangan.

Banyak penelitian tanam kentang di daerah dataran rendah. Hasilnya buahnya kecil-kecil, banyak busuk, umurnya gak nyampai 3bulanan.

Memang pohonnya bisa tumbuh, tapi gak ada buahnya

Menurut saya menanam kentang di dataran rendah seperti menanam padi di gunung. Bisa menanam dan tumbuh tapi antara modal tanam dan hasil lebih banyak ruginya..

Dan menurut keterangan dari pakar yang mengadakan ujicoba budidaya kentang di dataran medium hasil panennya hanya 70-80 persen tapi ada surplus keuntungan lebih karena ongkos produksinya rendah. Budidaya kentang di dataran medium sudah di kembangkan di daerah sumbar, pangalengan, magelang dan sleman.. Benar nggak sih???

Tapi berdasarkan praktek yang pernah saya lakukan nanam kentang di dataran rendah itu memang tumbuh, malah pohonnya tuh bagus, cuman pada masa panen ga ada umbi nya. Sayang modal dan tenaga, untung percobaannya dikit, nempel sama yang di ladang.

Ya umbi ada isi cuman gak maksimal. Dan dari kulit nya pun masih ngelupas meskipun udah waktu nya panen.

Pernah coba nanam kentang di dataran rendah di Kalimantan bersuhu panas tumbuh batang agak hitam kokoh dan daunya lebar kayak terpal tapi sayang gak mau tumbuh umbi. Tapi coba saja ber eksperimen siapa tau berhasil, karena saya asli dataran tinggi dieng dulu kan masih merantau di Kalimantan, pernah nyoba tanam kntang sama wortel tapi hasilnya nihil, coba nanam wortel pun tumbuh tapi umbinya keras kayak batang.

Kesimpulan menanam kentang di datarn rendah, kurang bagus, umbinya kecil, karena harusnya di dataran tinggi minimal ketinggian 1000 ke atas atau 1500 mdpl dan bersuhu dingin.

Apalagi menanam di bekas lahan padi dataran rendah, kalau kebanyakan air pasti buahnya nanti busuk, biarlah yang menanam padi menanam padi, dan yang menanam kentang menanam kentang, ada bagiannya masing-masing biar terjadi keseimbangan.


Bibit Varietas Kentang di Dataran Rendah.

Apa ada varietas kentang untuk dataran rendah ya? Ada yang bilang belum ada. Namun ada juga yang bilang sudah ada varietasnya, yaitu varitas kentang atlantik yang cocok datatan rendah dan tanamnya musim kemarau.

Mohon maaf dulur, mendingan gak usah coba-coba ! tanam kentang di sawah! itu besar modalnya, daripada akhirnya rugi besar, kentang cocoknya ada di dataran tinggi & di wilayah pegunungan.


Post a Comment for "Cara Menanam & Bibit Varietas Kentang di Dataran Rendah tidak Berbuah"