Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Manfaat Buah Mangga, Daun & Ubi Jalar untuk Ayam Bangkok

ayam makan rebusan daun ubi jalar


Apa manfaat buah mangga untuk ayam bangkok?

Mangga itu buah kesukaanku... apalagi kalau sudah masak dan manis... bisa habis 2 buah sekali makan. 

Setelah makan mangga badan rasanya langsung sehat karena mengandung banyak vitamin dan mineral tapi juga mempunyai kandungan gula yang tinggi. Walaupun demikian bukan berarti makanan yang baik untuk kita juga baik untuk ayam, karena ayam memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan kita manusia. Tapi mangga baik untuk ayam dalam jumlah yang cukup, jangan berlebihan.

Mangga mempunyai kandungan antioksidan, yang berinteraksi dengan radikal bebas sehingga memegang peranan penting dalam menjaga ayam kita tetap sehat.

Mangga juga kaya akan berbagai vitamin, seperti vitamin A, B5&6, C, E, dan K. Meskipun ayam sudah mendapatkan nutrisi dari pakan mereka, tapi tidak ada salahnya menambahkan lebih banyak variasi pada makanan mereka.

O iya, mangga juga mengandung sekitar 14% gula sehingga rasanya manis dan lezat, tentu tidak akan membayakan ayam dalam jumlah sedikit, malahan saya pernah membaca sebuah penelitian dimana peternak menambahkan sedikit gula ke air minum ayam untuk meningkatkan energi tanpa efek yang buruk bagi ayam.


Manfaat Daun & Ubi Jalar untuk Ayam Bangkok


merebus daun ubi jalar

Ubi jalar biasanya digunakan sebagai pakan alternatif karena harganya yang murah atau bahkan gratis sehingga dapat menekan biaya pakan ayam, terlebih ketika musim ketela banyak ketela kecil-kecil yang tidak diangkut oleh petani.

Dan bukan hanya ubi jalarnya saja, tapi daun ubi jalar juga dapat dijadikan sebagai pakan alternatif untuk ayam.

Caranya daun ubi jalan dicacah halus kemudian direbus hingga masak nantinya dicampur dedak padi buat pakan ayam.

Selain direbus dulu, juga bisa dikasihkan dalam keadaan segar. Caranya semua jenis daunan hijau di cacah, untuk umbi jalar di parut kasar semua diaduk berikut nasi sisa dijadiin satu ....di kasih segar. Punyaku aku kasih rangsum...ubi jalar, daun pete cina, daun singkong, daun pepaya dan nasi sisa,.

Untuk ubi jalarnya dapat dicacah dulu kemudian dicampur dedak sama jagung, dan dikasihkan dalam keadaan segar.

Tapi menurut saya, lebih bagus direbus dulu agar lunak.

Jadi manfaat ubi jalar adalah untuk menghemat biaya pakan untuk ayam bangkok. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Manfaat Buah Mangga, Daun & Ubi Jalar untuk Ayam Bangkok"