Thursday, February 16, 2017

Bagaimana Cara Mengobati Kucing Mengeluarkan Air Liur Berbusa Berlebihan Terus Menerus?

Kucing

Mau tanya donk kucing aku kok berliur terus ya, mulutnya biasanya kan ga gitu. Harus aq kasih apa ya biar cepet sembuh kaya biasanya?

Mau tanya kucing saya barusan berliur busa, nggak sampe muntah hanya berliur aja tapi banyak kayak doggy gitu dan liurnya berbusa. Belum saya kasih sarapan, kondisi badan tidak lemas. Habis main-main sama kucing cowok tetangga pulang-pulang udah berliur busa gitu. Mohon pencerahannya, kira-kira kenapa dan bagaimana pertolongan pertamanya karena dokter hewan minggu tutup. Terima kasih sebelumnya.

Kadang kala kita menjumpai kucing yang berliur seperti kasus di atas, dan mungkin disertai dengan melet-melet. Apakah kucing terkena rabies?

Tapi tidak usah terlalu khawatir karena biasanya akan sembuh dengan sendirinya, dan tentu kita harus cari penyebabnya, dan memberikan pertolongan pertama, diantaranya :
  • Bisa saja ada sariawan di mulutnya
  • Tulang yang nyangkut di giginya
  • Gusi yang bengkak
  •  Flu
  • Terkena Virus( parvo, dll)
  • Habis makan kodok
  • Makan atau minum sesuatu yang pahit atau tidak enak misalnya saja rasa antibiotika atau obat cacing yang pahit juga bisa membuat kucing ngiler. Bisa menimbulkan respon penolakan dengan adanya liur berbusa 
  • dll
Keluar banyak liur (hipersalivasi) bisa akibat penyakit lokal di daerah mulut atau bisa sistemik (seperti rabies). Tapi pada rabies, maka biasanya ada perubahan behavior/perilaku, tidak kenal lagi dengan pemilik, takut dengan sinar, makin lama tidak bisa menelan, kemudian lumpuh, dst. Dan sebaiknya coba segera periksa ke dokter hewan terdekat. Keracunan juga menimbulkan gejala serupa (liuran) namun biasanya disertai gejala lain termasuk kejang-kejang, susah bernafas, dst...

Mungkin juga karena dia ada makan serangga (misal: lebah) ato hewan penyengat lainnya yang kecil,.. :) saat diluar pemantauan  :)

Kalau tersengat serangga, paling sebentar dah sembuh lagi. Kalau mungkin dilihat rongga mulutnya, apa ada bagian lidah yang kemerahan/bengkak, bagian mukosa mulut lain (gusi, dll) yang kemerahan dan bengkak. Kalau ada disitulah kemungkinan letak penyebabnya (mungkin sengat lebah, duri, kawat, dan lain) yang menyebabkan sakit saat menelan atau sulit menelan...sehingga air liur menetes terus...

Untuk melet-meletnya, besar kemungkinan ada problem pada lidahnya seperti saya katakan diatas, bisa berupa sengat, duri mungkin yang asih tertinggal di lidah sehingga berusaha melepas itu dengan melet melet dan geleng geleng kepala....

Solusi tapi saya belum pernah mencoba:
  • Minum air kelapa ijo
  • Kalau flu bisa dikasih obat untuk flu ks doxycat beli d ipetshop 
  • Kalau ada yang nyangkut di giginya coba dicabut pelan-pelan
  • Juga sebaiknya dipisah dulu sama kucing yang lainnya, biar tidak ketular sama yang lain.

Tapi sebaiknya untuk lebih amannya dibawa ke vet/ dokter hewan saja, takutnya keracunan. Dan yang terpenting selera makannya masih bagus, mau  makan dan minum itu bagus. Kalau ada pertanyaan silakan dikomentar.

36 comments:

  1. kucing saya mulut berbusa , habistu dia gak mau makan dia lemas
    dikasih air kelapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. boleh dicoba... kucing aku persia umur 3 bulan beberapa hari tidur terus gak mau main seperti biasa. Aku kasih air kelapa eh esoknya udah lari-lari.

      Delete
    2. Mau tanya dong Kuncing sya keluar air liyurnya terus dan dia lemas...itu kenpa yahh,sya jdi cemas tolong di jawab

      Delete
    3. Mau tanya dong Kuncing sya keluar air liyurnya terus dan dia lemas...itu kenpa yahh,sya jdi cemas tolong di jawab

      Delete
  2. Mau tanya dong kucing saya semaleman tidak pulang dan tadi pagi pagi dia pulang tpi pas saya mau kasih makan saya liat mulut ada lendir tapi tidak terlalu banyak... Itu knpa iya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa nggak Tanya langsung ama kucingnya?

      Delete
  3. Mau tanya, kucing saya dari kemaren udah 4 hari ngeluarin air liur terus sampai tumpah ke lantai. Terus bibirnya ada kotoran itam itam gitu, kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kucing saya kayak gitu juga mau di Bawak ke dokter hewan tapi saya gak berpengalaman, kucing saya sedang mengalami nya saat ini 😭

      Delete
  4. Bawa saja ke dokter hewan. Kucing saya juga begitu .. Sudah saya kasih air kelapa hijau tapi tidak ada perubahan. Pas mau dibawa ke dokter hewan kucing sayanya udah gada. ;(

    ReplyDelete
  5. Kalau kucing seperti itu langsung dicekokin air kelapa muda aja?

    ReplyDelete
  6. Kucing saya juga ngeluarin air liur tdi sempet di elap sih pas selesai malah berdarah, pgn sih dibawa ke dokter hewan cuman takut biayanya kemahalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya pun jugak gitu karena itu lah saya mesih bingung kayak mana ngobatinnya 😭 kucing saya saat ini lagi sakit akibat keracunan kayak nya soalnya semalam sehat sehat aja pas main di luar tau tau pas balik ke rumah mulut nya bebui di kasih makan gak mau di makan 😭😭 lemes dia udah 2 hari ini

      Delete
    2. kucing saya juga mengalaminya saat ini, mau dibawa ke dokter hewan juga takutnya biayanya kemahalan, tp udah gk mau makan padahal biasanya lahap 😭

      Delete
    3. Kucing saya juga keracunan, ciri awalnya sama yaitu liurnya berbusa. Pertolongan pertama yg saya lakukan adalah dg menggelontor si empus dg air kelapa muda sampai si empus muntah-muntah. Ulangi terus sampai si empus gak muntah lagi. Biasanya setelah digelontor air, empusnya akan muntah dan lemas. Lemasnya si kucing saya obati dg diminumkan air kelapa muda (dg tabung suntik tanpa suntik) setiap 1 jam sekali.
      Semoga bermanfaat.

      Delete
  7. Kalo air liur berbusa berlebihan ++++ ada muntahnya juga gmana tu min ?

    ReplyDelete
  8. Kucing saya ngga mau makan,,suara nafas seraknya agak berlebih,,aku kira agak flu,,saya kasih konidin malah berbusa mulutnya,,kira kira kenapa ya,,,??


    ReplyDelete
  9. Kucing saya ngga mau makan,,suara nafas seraknya agak berlebih,,aku kira agak flu,,saya kasih konidin malah berbusa mulutnya,,kira kira kenapa ya,,,??


    ReplyDelete
  10. Aku mau tanya, kan anak kucing aku baru umur 1 bulan lebih cuman kan kemarin salah makan dan mencret terus aku kasih obat diare khusus kucing kok malah mengeluarkan air liur ya.. Apa itu gpp?

    ReplyDelete
  11. Salam . Kenapa anak kucing saya yang baru dilahirkan 6 hari . Dia nggak mau minum susu ibunya and mulutnya berair ?

    ReplyDelete
  12. Kalo saya sering kejadian dengan 4 ekor kucing kampung ngeluarin busa kayak keracunan. Q kasih aja kunyit ditumbu campur air 2 sendok. Cekokin deh 1 hari sehat.
    Trus q punya anggora karena di umbar jadi sama kejadiannya allhamdulillah sampai sekarang 2 ekor anggora dikit dikit makan

    ReplyDelete
  13. Kucing saya sdh 3 hari tdk mau makan. Terpaksa di suapin melalui suntikan. Sdh dikasih obat flu dan madu. Tp tetap tdk ada perubahan. Mau bawa ke dokter, sy blm ada uang. Apa yg hrs saya lakukan lagi minimal dia mau makan saja dulu... dan dia lebih senang bobo di kamar mandi...tlg bantu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba semprotkan kuning telur kemulutnya. Krn kcing sy dulu juga bgtu, akhirnya sehat kmbli

      Delete
    2. Saya mau bertanya, kuciny saya dari kemarin mengeluarkan air liur badan lemas kerjaanya hanya tidur saja, cara mengatasinya bagaimana yah
      Terimakasih🙏

      Delete
  14. Kucing saya, nafasnya jadi lebih bau dr biasanya, gamau makan sama sekali, minum juga tidak, tp bangun tidur pasti wajahnya jd basah sama bau. Kadang juga ngiler tp ga berbusa. Takutnya kena flu burung. Soalnya tetangga punya angsa. Gimana itu??

    ReplyDelete
  15. Kucing saya ngeluarin busa setelah mainin kodok. Itu gmn ngatasinnya yaa?apa dia keracunan?

    ReplyDelete
  16. Mau tanya..kucing saya nggk mau makan,minum.sampek lemas kadang muntah lendir bening.dan sampe nggk kluar suaranya.apa kucing saya kena virus?mau saya bawa kedokter takut biaya mahal.
    Trimakasih

    ReplyDelete
  17. Kucing saya ngiler terus kyak muntah juga tapi lendir berbusa. Udah 3 hari gamau makan terus juga gak bisa pipis 3 harian kenapa ya?

    ReplyDelete
  18. Kucing aq tadine sehat lari sana sini kok tiba2 paginya pada diem berliur berbau Langu, kepala geleng2, keluar cairan dari telinga, tidak mau makan, tapi minum terus, nafasnya cepat. Ada 5 kucing yang sudah parah, yang lain sehat. Tolong minta solusinya. Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Kayaknya kena virus kucing mbak. Susah kalau sdh gitu, satu2nya cara yg sakit dipisahkan dgn yg sehat. Trus vaksinasi aja nanti kalau sdh sehat kembali. Kucing saya jg banyak, tp krn gak ada uang ngevaksin, akhirnya mati2 terus, krn berjangkit ke kucing2 yg lain.

    ReplyDelete
  20. Kenapa ndak tanya langsung ke mpus nya

    ReplyDelete
  21. Mau tanya dong, ada yg buanh kucing kecil belum ada 1bln, gk ada induknya. Aku kasih nasi blm bisa makan, jd aku kasih wiskas yg buat usia 2-12bln (nyari yg lbh kecil gk ada). Pertama aku kasih yg tuna dia baik2 aja, habis tu aku salah beli yg makarel tp ya aku pikir gpp ya. Eh habis tu dia berbusa mulutnya trs kyk mual gt. Itu kenapa ya? Gimana cara obatinnya? Kasian masih kecil

    ReplyDelete
  22. Mau tanya, kucing saya keluar air liur terus tapi tidak berbau dan terlihat lesu kenapa ya? Dan mengatasinya bagaimana?

    ReplyDelete
  23. Mau nanya dong,,saya punya anak kucing baru sebulan,,trs dia itu kayak lemes sama ngeluarin air liur ,,biasanya klu dijilat sma induknya dia ngeong tp ini engga,,air liurnya juga bening trs bergelembung² gitu ,,aku bingung mau gimana soalnya dia msh umur sebulan blm bisa jalan tolong bantuan dan sarannya makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanya dong,,saya punya anak kucing baru sebulan,,trs dia itu kayak lemes sama ngeluarin air liur ,,biasanya klu dijilat sma induknya dia ngeong tp ini engga,,air liurnya juga bening trs bergelembung² gitu tp gak bau,,aku bingung mau gimana soalnya dia msh umur sebulan blm bisa jalan tolong bantuan dan sarannya makasii

      Delete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.