Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Membuat Trap & Ikan Kuhli Loach Pembasmi Cacing Planaria di Aquascape / Aquarium


Planaria / Cacing pipih adalah hama oleh karena itu harus dibasmi, karena merugikan ekosistem di tank, selain itu planaria juga mengganggu pemandangan dan membuat geli lihatnya. Biasanya udang juga akan diserang sama si planaria.

Cara membuat perangkap/ atau trap pembasmi cacing planaria salah satunya adalah dengan botol air mineral yang dilobangi kemudian di dalamnya di kasih umpan pakan / pur ikan.

Singkatnya, Lubangin aja botol aqua pke jarum kecil, yang dilobangi bawah sama samping dikit aja. Trus isi botol ma pakan ikan + batu buat pemberat ,masukin ke tanx ,udah itu aja bos.

Klo dah masuk semua ,buang aja botolnya, beres ,hehee

Kemudian  untuk mencegah berkembangnya cacing planaria, pemberian pakan ikan secukupnya saja. Karena salah satu penyebab munculnya planaria adalah pemberian pakan yang over / pakan ikan yang sisa / pakan ikan yang tidak habis.

Untuk mengurangi pakan berlebihan, bisa ditambah keong, jenis keongnya keong turbo/bawang aja om. Atau keong assasin.

Lain waktu, lain cerita, Nek aq biasane pake toples kecil tak lubangi, tak kasi pakan dalam e,,,, tapi lama lama gak sabar akhir e tak sedot paket selang cacing e hehehe,,, air e tak biarkan kering 1 hari an,,,,, tapi tanaman e tak semprot terus,,,yo cara. Ne rodo ngawur tapi allhamdlah iso manjur wkwkwk

Kebanyakan ikan jarang ada yang mau makan planaria. Tapi ada juga yang pakai ikan/belut kuhli loach pemakan planaria yang ampuh katanya. Bisa juga ikan sapu-sapu. Saya pernah sampai banyak banget di bawah dan naik naik ke kaca. Saya masukkin 7 ekor ikan cupang betina. Ludesss semua planarianya. Besoknya tank sudah bersih kembali.

Selain itu bisa pakai ikan man fish (layang-layang), plastis, dan corydoras.

Demikian, silakan kalau ada yang menambahkan di komentar.

 Ikan kuhli loach buat basmi planaria di aquascape

Kuhli loach Ikan pemakan planaria

Kuhli Loach

ikan cupang pembasmi planaria

ikan cupang pembunuh planaria

ikan cupang penghilang planaria

1 comment for "Cara Membuat Trap & Ikan Kuhli Loach Pembasmi Cacing Planaria di Aquascape / Aquarium"

  1. berarti ikan belut kuhli loach ini aman ya untuk ikan lainnya..

    ReplyDelete