Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Arwana Berenang Mengambang dipermukaan Air karena Masuk Angin

Gambar Arwana Berenang di Permukaan Air

Arwana saya perutnya kembung berenang terus di permukaan, kaya sandal kecebur kolam gak bisa berenang ke bawah, jadi kayak pelampung, apa ada obatnya? Apa bisa sembuh, bagaimana cara ngobatinnya? help please.

O iya ikan yang ikan arwana yang suka berenang di permukaan air biasanya juga disertai dengan kurangnya nafsu makan atau tidak mau makan sama sekali.

Penyebab dan Solusi Arwana Mengambang

1. Kasih saja vitamin ikan

Kemudian suhu air dijaga karena mungkin ikan lagi stres. Tapi tenang saja, selama ikan sehat, ikan arwana bisa bertahan tanpa makan lebih dari 10 hari. Untuk mengatasi nafsu makan bisa dengan jangan dikasih makan dulu saja 2 hari. Terus coba kasih satu. Kalau belum dimakan juga, biarin saja dulu setengah jam. Kalau belom dimakan, angkat makanan. Terus coba berkali-kali.. O iya kasih garam ikan sedikit saja.

2. Kasih Garam Inggris

Pergi toko obat beli garam inggris / Epson Salts ini untuk buang angin. Kalau orang makan cirit berek, garam ada jual di farmasi.

Garam Inggris Epsom Salts

3. Kasih Metronidazol

Pakai metronidazol, beli ke apotik, dosisnya jangan banyak-banyak. Dibubukin sampai halus, sedu di air panas sampai larut. Baru masukin ke aqua, puasakan 3 hari sampai kempes. Cmiiw.  Itu salah satu obat untuk aro muda yang terkena sejenis protozoa di pencernaanya.

4. Ganti Air

Airnya sudah diganti apa belum? kalau belum coba diganti. Rutin pergantian air, minimal 2 hari sekali. O iya perlu diketahui juga, aro memang gampang stress, apalagi menerima lingkungan atau kualitas air yang baru (tidak dianjurkan untuk mengganti air secara keseluruhan).

5. Kasih Aerator

Kasih aerator, air ganti max 50% dengan air yang tanpa kaporit lebih baik kalau sudah diaerasi semalaman.

6. Pendekin/Kurangi Airnya

Coba lihat dulu apakah mengambang punggungnya sampai ke atas ngga seperti ngga kena air? kalau iya biasanya itu perut kembung dan ada masalah sama pencernaan biasanya ada angin. Solusinya ada sudah ada di atas. Tapi kalau tidak, itu ngga apa-apa kok, coba saja air pendekin dikit kemudian kasih arus.

Gambar Arwana Mengambang karena Air Kepenuhan

punggung ikan arwana berenang kelihatan di atas permukaan air

7. Kasih Tetracyline

Coba kasih obat yang ringan dulu tetracyline 2 kapsul, kasih oksigen murni. sama set heater 32. Kalau 3 hari gak ada perkembangan ganti obat yang lebih kuat lagi.

Dan tidak usah khawatir, dan tidak apa-apa. Itu normal kalau ikan arwana mengambang karena ikan arwana sebagian besar hidupnya memang suka berenang di permukaan air.

Hal itu karena mereka harus mengambil udara secara langsung dipermukaan setelah sekian lama berenang, juga sesuai dengan bentuk mulut yang menghadap ke atas sehingga sangat dominan mengambil makanan di permukaan (aro harus memutar kepalanya untuk mengambil makanan didasar) dan fungsi sungut aro untuk detektor mangsa lebih peka jika mereka berada disekitar permukaan air.

Post a Comment for "Arwana Berenang Mengambang dipermukaan Air karena Masuk Angin"