Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Mengatasi Membuat Agar Ikan Arwana Kurang Nafsu Rakus Makan

Arwana dan Daun Ketapang

Kalau arwana agak kurang nafsu makan kira-kira kalau begitu kenapa dan bagaimana supaya nafsu makan lagi?

Untuk cara mengatasi ikan arwana kurang nafsu makan kita lihat dulu penyebabnya dulu. Apakah setiap kasih makan selalu kebanyakan terus atau memang aro sedang dalam kondisi sakit sehingga menyebabka kurang nafsu makan.

Punyaku dulu pernah begitu 2 minggu tidak mau makan. Biasanya masih adaptasi dulu.

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat arwana rakus makan :

1. Coba Pakai Alternatif Pakan yang Lain

Ulet jerman sama hongkong atau jangkrik. Kurangin air sampai 1/4 tank, kasih arus, biarin sampai 2-3 hari.

Atau fokus pada 1 makanan kesukaan dulu, Punya saya dulu juga gitu, habis sakit masa penyembuhan makan kurang lahap, kasih jangkrik di lepeh2-lepehterus. Akhirnya saya kasih cacing merah dulu selama 1 minggu, sama kasih kelabang. Disela kasih jangkrik 1 atau 2 ekor. Makan 2x sehari dulu.

2. Kasih daun Ketapang yang Sudah Kering

Coba periksa air = Ph nya. Kemudian kuras dulu airnya 30% sampai 50% (sesuai selera) tambahin air bersih dan kasih garam ikan, Udah gitu celupin dah daun Ketapang dan set heater 30 derajat saja.

Kalau saya daunnya di rendam saja dilarutan air garam ikan. Kalau dikasih langsung juga bisa, cuma ganggu pemandangan. Rendamnya semalaman, nah air rendaman itu masukin ke akuarium. Waktu itu saya 4 lembar daun ketapang saya celupin ke baskom ukuran sedang si cuman kalau ditaker paling satu gayung mah ada. O iya aku pakai daunnya yang udah warna coklat.

Lalu puasakan saja ikan selama 1 minggu lalu kasih makan lagi. Lihat respon ikan terhadap makannya. Kalau masih belum lanjut 1 minggu puasa . Waktu itu punya saya langsung lahap makannya. Oh ya kasih makannya yang variasi jangan 1 menu saja. Takutny bosen tu ikan. Ibaratnya orang makannya kasih tempe melulu pasti males makan. Hehehe

Terus jangan lupa tiap pagi ajak main pakai tangan sampai agresif.

Daun Ketapang

Daun Ketapang direndam


3. Tambahkan Commtank

Aro saya juga dulu gak mau makan. Saya coba pakai cacing beku dan cometank ikan comet 2 ekor. Jadi pas comet makan cacing beku Alhamdulillah si aro pun ikut nyambar cacingnya. Sekedar pengalaman om. hehe

4. Jaga Kualitas Air (Kalau Memang Ikan tidak sedang Sakit)

Pengalaman selama ini memelihara arwana dari baby sampai dewasa, arwana yang tidak nafsu makan biasanya karena kualitas air yang menurun.

Kalau pakai air baku dari sumur/pdam selain diendapkan terlebih dahulu akan lebih baik jika dibarengi dengan pemberian udara dengan menggunakan mesin aerator secara kuat, tujuan agar tercipta air baku yang kaya dengan kandungan oksigen terlarut tinggi (DO). Kebiasaan ini sudah beberapa tahun saya jalani untuk ikan hoby.

5. Selang-Seling Makanan

Aro tipenya gampang bosen sama makanan,, di selang seling saja jenisnya. Kalau punya saya 3 hari jangkrik 3 hari udang 1 hari kelabang.

6. Matikan Lampu Tanning

Shock dia karena tanning, sementara jangan ditanning dulu. Pulihin mental. Ikan kalau ditanning biasa gak mau makan. Matikan saja lampunya, tidak usah dikasih apa-apa. Ntar juga makan sendiri. Jangan kasih garam ya. Daun ketapang juga gak perlu, karena ketapang buat netralin ph. Cukup matikan lampu ganti air setengah, tunggu saja beberapa hari ntar juga makan.

7. Kasih Minyak Angin di Airnya

Ini adalah cara ekstrem.... JANGAN DITIRU!!! kasih 5 tetes minyak angin di air nya ' cap kampak atau freshcare juga bisa.

Ini metode ekstrim. Aro yang suka kaget, blingsatan (serudak-seruduk) sampai nambrak dinding kaca, mogok makan bisa anteng/jinak/nafsu makan tinggi. Itu pengalaman saya alhasil ikan jadi berani tidak takut dan nafsu makan tinggi serta berenang eksotis tanpa serudak seruduk lagi. Jika tidak yakin jangan dilakukan metode seperti ini.

Yang pernah saya coba jenis RTG 25 cm / BR 40 cm / SR 30 cm saya beri metode itu. Itu pengalaman saya karena waktu itu sudah beberapa cara tidak berhasil-berhasil. Terus metode ini saya pakai. Sekali lagi jika tidak yakin jangan dilakukan. Aro tidak nafsu makan tidak apa-apa, karena aro kuat nahan lapar.


Tambahan agar ikan arwana nafsu makan.
Kuras airnya sampai sebatas sebadannya. Jangan ditanning dsb. Beli vit. B kompleks diapotik + pil hobies arwana. Geprok larutkan dengan air sisa diaquarium dalam gelas lalu tabur sekitar ikan. Pperhatikan kotoran ikan, kalau kotoran ikan berwarna hitam berarti masih normal, perhatikan suhu air gunakan heater kalau perlu. Biarkan semalaman tapi tetap kontrol, usahakan sekitar jangan bising atau ribut.

Demikian beberapa cara mengatasi arwana yang kurang nafsu makan, memang setiap orang mempunyai cara masing-masing. Itulah salah satu sebab kita semua menjadi berwarna bak sebuah pelangi di sore hari jika dipandang warnanya sungguh indah dilihat. Bayangkan jika pelangi tersebut cuma 1 warna? mungkin harus ditanning ya....hehehehe.

Sebenarnya masih banyak cara lain. Silakan ditambahkan.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Membuat Agar Ikan Arwana Kurang Nafsu Rakus Makan"