Friday, August 17, 2018

Penyebab & Mengatasi Penyakit Ikan Arwana Berenang Terbalik

Gambar Arowana Berenang Terbalik

Sudah 2 hari aro saya berenang posisi terbalik galau rasa hati ini ikan yang saya pelihara hampir 2 tahun sekarat diujung maut.

Awalnya alat pengatur pemanas air nya pecah karena ditabrak aro nya. Pagi-pagi baru ketahuan pas mau membersihkan aquarium air nya ke sentrum. Kemungkinan kira-kira 5 jam kena strum cuma heran saja sampai sekarang masih bertahan cuma posisinya berenang terbalik.

Baiklah berikut adalah beberapa cara mengatasi arwana yang berenang terbalik
1. Bisa jadi karena kurang oksigen, coba dibalikin terus pegangin. Kasih aerator, kalau ada oksigen murni.

2. Cepetan matiin pompa, matiin arus. Kasih aquasafe.

3. Pertolongan pertama, kurangi ketinggian air (kira-kira sepunggung ikan), lalu ikan dibalik jangan seperti itu, dijepit pakai kaca atau botol isi air (jangan terlalu ketat), fungsinya agar posisi ikan tetap berdiri normal, tembak pakai mesin aerator dekat mulut atau samping insangnya. InsyaAllah 2 - 4 hari normal ikannya, berdasarkan pengalaman sendiri.

*Optional (boleh dilakukan boleh tidak, saya rekomended tidak karena cara nomor ke-3 di atas sudah cukup) : Usahakan airnya pakai aqua (ingat : jangan asal kuras seenaknya, karena kalau mau kuras puasain dulu, Kuras maksimal 50 % itu juga dah resiko tinggi). Airnya dikasih garam ikan atau Sembari kasih vitamin B kompleks di air nya, 2 tablet ditumbuk hancur dan larutkan di air nya.

4. Dulu arwana saya pernah kejadian seperti itu. Salah satunya yang bisa nyelamatin ikan faktor keberuntungan saja, dulu saya kuras ganti air baru & mesin gelembung saya pasang gak tanggung-tanggung sampai 4 mesin donle angin semua, alhasil ikan selamat seperti sedia kala , cuman kembali lagi ke faktor keberuntungan.



Video di atas adalah posisi ketika ikan arwana berenang terbalik dan sesudahnya ketika dijepit. Dan dapat kita perhatikan kelihatan sekali ikannya megap-megap kurang oksigen. Pakai heater suhu 30 derajat saja. Biasanya 2 hari sembuh.

Jadi intinya ganti air secukupnya dulu.
  1. Kalau ada oksigen murni tembak pakai oksigen.
  2. Kurangin air sebadan aro kasih aerator sebanyak mungkin
  3. Kalau aro sudah ga bisa tegak, sekat dengan kaca atau barang lainya. Yang penting aro bisa normal, jangan terbalik. (Biar gampang pindah ke tempat lain agar penanganan maksimal)
  4. Berusaha dan Berdoa, tunggu hasilnya.

Penyebab Penyakit Ikan Arwana Terbalik
  1. Kurang Oksigen
  2. Gurat sisi/system keseimbangan tubuh ikan sudah tidak berfungsi. Awalnya bisa dari jamur paku di sisiknya
  3. Mungkin airnya terkontaminasi
  4. Tabrakan mungkin sama kaca
  5. Kesetrum mesin penghangat air 
  6. dll.

Demikian, semoga bermanfaat. Kalau ada pertanyaaan silakan di komentar.

3 comments:

  1. Waktu di jepit tidak usah di kasih pakan sebelumnya tidak apa apa?

    ReplyDelete
  2. hi i nak tanya ye ..arwana saya pun sama berenang terbalik sebab 7 jam tak electrik ...lepas itu sekarang berenang terbalik ..tolong bagi tips

    ReplyDelete
  3. Kalo arwananya pas dijepit sudah lurus tapi ngambang gmn?

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.