Tuesday, August 14, 2018

Cara Memberi & Melatih Agar Arwana Mau Makan Pelet

ikan arwana

Ada gak yang tau cara atau tips agar aro doyan makan pelet? soalnya baru beli, pas dikasih ke aronya ga doyan. Kebiasaan makan pakan hidup kali.

Kalau aku caranya di copot kepala jangkrik, terus dimasukin peletnya ke dalam perut jangrik melalui bekas lepas kepala jangrik tadi. Hahaha... Ketipu deh aronya, ga sadar nelan jangrik di dalamnya ada pelet.

Atau kalau Aronya suka udang. Masukin ke udang saja peletnya, terus lempar ke dalamnya bikin kayak benda hidup gitu.

Inti cara memberi makan arwana dengan pelet adalah, peletnya jangan langsung diberikan ke aronya om. Tapi masukan pelet tersebut beberapa butir ke setiap potongan udang/jangkrik yang biasa diberikan sebagai makannya. Sewaktu aro makan udang/jangkrik tersebut secara ga langsung aro sudah mulai dibiasakan makan pelet. Setelah beberapa hari tambah lagi butiran peletnya. Setelah satu minggu, baru berikan secara langsung peletnya tanpa udang/jangkrik sama sekali.

Aro nya harus dipuasain 2-3hari, sudah dipuasain coba kasih peletnya 2 biji dulu. Kalau masih ga mau makan ya diangkat dulu, biarin dia sampai dia mau makan.

Atau cara lain agar arwana mau makan pelet adalah dengan mencampur Aro sama ikan yang makananya pelet jumlahnya agak banyak. Ntar lama-lama dia juga ngikut makan pelet.

Melatih arowana makan pelet ada yang susah ada yang gampang. Dulu punya saya Aronya cukup puasa 5 hari sudah bisa makan pelet yang JBL. Tinggal tehnik pertama kasihnya saja harus satu-satu terus peletnya juga agak dilempar ke permukaan air biar ada kesan hewan jatuh kepermukaan. Intinya sabar.

Puasain, heater hidupin, jadi air agak hangat dan ikan bawaannya laper, baru kasih pelet.

Banyak cara sih. Tinggal bisa-bisanya kita saja ngakalin begaimana biar aronya makan tu pelet. Tapi memang ada yang sudah coba ber ulang-ulang, tapi tetep saja ga mau. Pakai pakan yang biasa saja masih pilih-pilih.

Memang menurut kabar harus mulai dari kecil tuh dilatih, dan kalau dikasih pelet tidak usah kasih pakan hidup blas. Pernah saya pakai pelet sera arwana. Saya dari pelihara ukuran 10 cm pakai udang dan jangkrik. Kemudian di uk 17cm saya langsung ganti pellet langsung dimakan.


No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.