Friday, August 24, 2018

Berapa Lama Tips Agar Ikan Arwana Cepat Gede & Tumbuh Besar

Arwana Red Kecil

Saya ada arwana silver 15cm nah kira-kira dalam 3 bulan bisa 20cm ga ya? Dan makanan biar dia cepat besar bagaimana?

Merawat aro sama seperti mengurus anak, gak mungkin sebulan dua bulan gede, paling enggak butuh 12 bulan dan lama kelamaan juga gede.

Menurut saya bisa lebih kayanya kang kalau 20cm mah. Bisa 30cm kayanya kalau silver asal makannya stabil. Untuk pemberian pakan sehari 2x, pagi malam atau sore hari. Punyaku sudah 30cm lebih 3 bulan kurang itu.

Malah ada yang sebulan saja sudah 30cm. Tapi pemberian pakan pagi, siang dan sore. Tiap makan 3 jangkrik, jadi sehari 3 jangkrik x 3 = 9 jangkrik. Sebulan kemudian dikasih kodok pas uk 25cm an terus dikasih ikan emas kecil-kecil dibekuin di kulkas, biar tetep seger ikan emas nya, karena kalau sudah jadi bangkai engga mau dimakan sama ikan nya arowana.

Oiya kalau bisa cari anak kodok yang pling kecil, kasih makan cukup 2x sehari. Karena kalau dia kekenyangn entar jadi malas gerak. Cacing tanah juga bisa tapi jangan kebanyakan, karena nanti bisa bengkak sisik nya,

Pernah juga saya, Golden Pino 12cm 3 minggu sudah 21cm. Makannya jangkrik, katak kecil, sama ikan-ikan kecil dari sungai, soalnya deket sungai.

Kemudian untuk berapa lama ikan arwana tumbuh besar itu tergantung jenisnya juga. Yang cepat gede itu arwana silver. Malahan ada jenis juga jenis arwana yang dari size 20cm ke 37cm butuh waktu 7bln. Beda-beda memang.

O iya kalau mau cepat gede taruh kolam saja yang besar. Kasih arwana minimal 5 ekor. Pasti cepet gede tuh.

Dan perlu diingat, setiap makhluk hidup berbeda gen, dan gen ini mempengaruhi tumbuh dan berkembang makhluk hidup tersebut, kayak manusia, ada yang kurus, tinggi, gemuk, pendek, pirang, hitam, putih, dan sebagainya.

Bisa jadi ada ikan yang gennya berbadan pendek

Faktor lainnya yaitu adaptasi, ikan di kolam besar atau di sungai akan lebih cepat tumbuh dibanding ikan di akuarium, karena si ikan tersebut beradaptasi dengan lingkungannya.

2 comments:

  1. Punyaku arwana ada 3 biji di aquarium,tapi kenapa gk akur yah

    ReplyDelete
  2. Kalau belinya beda tempat susah untuk akur om, minimal 5 ekor baru bisa akur kyk yg saya

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.