Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Tips Cara Melatih, Membuat & Memperbaiki Mental Ikan Arwana agar Bagus

Arwana Mental Bagus

Ada yang tahu gak cara melatih mental aro??? Cara agar mental arwana bisa stabil?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, coba dipahami dulu, di aqua si aro ada ikan apa saja? lampu terlalu terang atau filternya kegedean engga ? Juga kalau mental biasanya sudah bawa an lahir. Paling bisa dilatih saja biar agak baikan dan agak mendingan mentalnya.

Karena saya punya pengalaman, ikan aku sudah 4bulan kagetan juga, sampai kurus. 

Mental arwana yang kacau biasanya takut sama tankmate. Ikan yang ikut di dalamnya itu lebih besar dari Arwananya.

Solusinya, coba kasih ikan-ikan lebih kecil, biar dia lebih agresif, dan jangan kasih makan, atau kasih makannya jangan tiap hari, dengan kata lain atur pola makannya sehingga jangan terlalu banyak kasih makan agar jinak sama manusia.

Kasih kapiat 2 ekor (yang ini pengalaman sendiri, ikan langsung jadi berani dan galak), kalau gak silverdolar. Atau di akuarium kasih ikan mas biar berani gak kaget karena banyak ikan. Kalau laper juga itu ikan mas berani dikejar, namanya predator pasti punya naluri kejar mangsa kalau lagi laper.

Usahain juga air aquarium selalu bersih.

Untuk memperbaiki mental arwana, coba juga jangan hidupkan dulu itu lampu. Kemudian coba akuariumnya samping kiri dan kanannya ditutup pakai skotlet hitam atau koran (biarkan ikan tenang dulu). Sebelumnya airnya ganti dulu, dan puasakan saja dulu ikannya 1 hari atau setengah hari biar lapar, baru kasih jangrik 1 biji saja jangan banyak-banyak buat pancingan dan melatih dia biar jadi galak.

Bisa juga ikan sering-sering dipegang. Biar mentalnya bagus. Kalau saya sendiri sering-sering ketok-ketok kacanya pakai jari, tapi jangan kenceng-kenceng ngetoknya, biar terbiasa kalau ada anak kecil lihat terus getok-getok kaca sudah aman. Sering-sering juga duduk-duduk depan aqua supaya si aro kenal betul pemiliknya.

O iya, perlu diperhatikan memang kalau arwana size kecil dibawah ukuran 25cm cenderung mentalnya belum stabil. Kecuali kalau mereka bergerombolan baru bisa tenang, dan kalau sudah ukuran 30cm baru aman. Bersabar saja dan tidak usah khawatir, karena mental arwana semakin besar umumnya semakin berani.

Post a Comment for "Tips Cara Melatih, Membuat & Memperbaiki Mental Ikan Arwana agar Bagus "