Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Operasi Memotong Sirip & Tulang Ekor Ikan Arwana Patah

Arwana Gigit Ekor

Bagaimana solusi ekor arwana putus? Kalau saya biasanya digunting sekalian biar rata. Tapi jangan lupa pakai arowana stabilizer (obat bius) atau yang lebih murah bisa pakai minyak cengkih. Saran saya pakai arowana stabilizer saja yang lebih ok dan minim risiko.

Sebenarnya kalau sirip patah bisa nyambung lagi kalau dibiarkan saja tanpa operasi, tapi risikonya bergelombang. Tapi tidak apa-apa, yang penting jaga kualitas air sama pakannya saja.

Perhatikan foto di bawah ini adalah arowana sebelum gunting ekor dan setelah gunting ekor

arwana ekor robek

ekor arwana setelah dipotong

Tenang saja 2 minggu juga udah mulai keluar lagi ekornya. Yang bagian bawah itu bekas berantem jadi hancur separuh, tumbuh baru deh digunting semua biar rata. Tadinya digabung sama sr dan banjar tapi ga bisa akur jadi pisah lagi, paling tankmate saja kapiat.

Jangan takut kalau ekornya tumbuh keriting. Keriting paling sebentar doang, seiring bertambah besar ikan biasanya akan lurus kembali tulang ekornya.

Karena saya mengalami sendiri di ikan saya golden red. Waktu tahun 2015 putus setengah dari bagian ekor sampai pangkal. Waktu itu size ikanya 45cm. Setelah 3 tahun lurus kembali tulang ekornya (sekarang size 65cm).

Yang saya amati waktu dulu :
  • Tumbuh pertama 3 ruas tulang melengkung ke atas, 2 ruas tulang keriting seperti mi indomie. 
  • Di tahun ke 2 setelah putus tulang ekornya, 2 ruas tulang yang keriting mulai lurus. 
  • Di tahun ke 3, 3 ruas tulang yang melengkung sudah lurus kembali. Seperti itu yang saya amati secara langsung pada ikan saya.

Ya memang tidak bisa sempurna seperti tulang ekor atas yang tidak ikut patah. Tapi minimal tidak keriting dan masih terlihat cukup lurus.

Bius Arwana Pakai Es Batu

Masih season pertama harus ngoprek-ngoprek ekor sama sirip arwana saya yang penuh perjuangaaan. Kalau dah tumbuh semua yang habis di potong dan bagus, gantian yang belom dipotong yang jelek-jelek di potong lagi.

Nb: recordnya aro saya habis kena "Gigit Ekor" dan ini kedua kalinya. Alhasil kuras air ganti baru, sekalian gunting gunting. Dan di Surabaya sulit banget cari obat bius arwana alhasil pake es batu. Modal nekat, aku pakai ilmu Freezing lihat d internet, ya aku kasih Es Batu yang banyak sampai ikannya kaku terus pingsan.

Tapi habis itu langsung tak kasih air yang ada heaternya. Proses potong siripnya bukan di air yang ada heaternya tapi di air yang ada es batunya.

Jadi:
  • step 1: aku masukin aro dalam plastik terus aku kasih es batu dingin banget, kalau aro gede susah pingsannya es batu harus 5plastik.
  • step 2: ikan pingsan, langsung dipindah ke ember/baskom besar sama air yang ada es batunya tadi.
  • step 3: langsung di oprek aronya.
  • step 4: kelar di salon, angkat aro ke akuarium, di kasih aerator/Gelembung, sama heater. Pegangi aro dekat Gelembung sampai tersadar. Setelah tersadar lepas deh.

Mungkin cara ini banyak yang gak setuju, tapi kondisi darurat, obat bius ga ada yang jual. Saya terpaksa pakai cara ini. Kalau belum berani jangan ditiru, lebih baik pakai obat bius dengan dosis yang tepat.

Untuk pengobatan aro gigit ekor sampai rusak, kalau saya air nya saya kasih garam sama heater. Terus kalau sudah gak gigit, baru aku gunting begitu pak. Ya kalau aku gak perlu pakai obat jamur karena sudah putus-putus.  Langsung aku gunting kayak gitu selang-seling.

Post a Comment for "Cara Operasi Memotong Sirip & Tulang Ekor Ikan Arwana Patah"