Sunday, January 20, 2019

Umur Berapa Anak Kucing boleh dikenalkan Makan WF DF Nasi & Litter Box

Anak kucing makan

Umur berapa minggu anak kucing mulai dikenalkan wetfood sama litterbox? Karena kasihan lihat induk  kucing jilatin pup anaknya. Gampang kok, taruh saja box pupnya di tempat biasa. Nanti pasti ngikut maknya. Terus kalau masih kecil memang biasa dijilatin poop nya ekwk. Itu dijilat juga biar merangsang anaknya untuk poop.. Kalau ga dijilat poop nya ga keluar malah bahaya.

Kalau kitten saya dulu umur sebulan, rajin-rajin saja masukin ke litter box, nanti dia naluri sendiri ngendus-ngendus tuh pasir, dikorek-korek terus pipis biasanya....gitu terus ajarin sampai beberapa hari, lama-lama juga terbiasa dia, tau itu pasir tempat pipis sama pup.

Kadang kitten yang baru diperkenalkan litter box malah memakan pasir nya tapi ga apa-apa, mereka pasti mengerti mana yang boleh dimakan dan tidak. Mereka akan belajar dengan cepat dari kecil, kalau kotor bisa dicuci pakai air hangat dan pakai hairdrayer langsung kering.  


Melatih anak kucing pup di litter box

Sedangkan untuk mengajari anak kucing makan kira-kira umur 1 bulanan atau 45 hari, coba mulai diajarin wf (wet food). Bisa RC mother and baby untuk induknya beri makanan lebih banyak dan lebih bergizi, df (dry food) sediakan terus yang untuk mother and baby (rc,imo).

Kalau kitten tidak dibantu kasih makan, induk akan kelaparan dan kurus kering. Kucing saya malahan umur 3minggu sudah saya kasih makan. Memang ada yang sudah doyan makan, ada juga yang belum mau. Makanan Wf pertama x saya blender agar mereka mengerti, tapi esok harinya cukup saya hancurin pakai sendok 

Jadi umur berapa anak kucing mulai makan itu juga tergantung kucingnya, kalau udah lincah banget biasanya pas umur 1 atau 1,5 bulan memang segitu pasti dia udah ribut minta makan kalau lihat induknya makan.

O iya, walaupun kitten sudah bisa makan sendiri. Tapi kitten ku tetap nenen sampai umur 3 bln. Biarkan induknya yang menyapih sendiri, biar si kitten sehat & ndut kalau masih nenen. Seringnya si induk sudah mulai birahong lagi jadi otomatis akan menolak baby nya kalau mau nenen.

Terus bagaimana dengan nasi? sebaiknya jangan nasi dulu, beberapa kucing ga bisa makan nasi bisa mencret apalagi masih kecil gitu. Lebih baik coba alternatif pakai tempe + ikan dikukus, terus bejek-bejek sampai halus, ini lebih baik daripada nasi.

Tapi kalau pencernaannya sudah kuat boleh kok makan nasi campur ikan, kucingku yang gedhe-gedhe juga gitu makan nasi sama ikan, beli makanan khusus kucing mahal soalnya... hehhehe...

No comments:

Post a Comment

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.