Biaya, Operasi & Obat Penyakit pada Mata Ikan Arwana

Arwana Golden Red Mata Turun

Operasi mata ikan arwana kira-kira berapa biayanya ya? Nah, kalau ini kita perlu ke salon, tapi ingat tidak ditanggung BPJS ya...

Langsung saja tidak usah basa-basi, kebanyakan pakai tarif 1 juta untuk jabodatabek mau 1 mata atau 2mata. Semakin jauh semakin mahal,.bahkan ada yang memakai tarif tergantung harga ikan. Misal kalau ikan 20juta s/d 30jt tarifnya beda karena dia memakai garansi buta atau salah oprek.

Kalau saya sih paling ditaruh di tempat gelap saja (bungkus saja tank nya pakai stiker hitam, kertas karton atau koran semua sisi sekeliling kacanya supaya seperti keadaan di kolam, itu kalau ndak ada kolam ya) atau lebih bagus lagi taruh di kolam yang lebih besar, usahakan jangan sampai kena air hujan dan tertutup karena takutnya loncat. Ya daripada dioperasi coba diterapi dulu seperti itu taruh dibak fiber/gentong. Sayang diongkos, coba pikir dulu. Daripada operasi mending coba cara menyembuhkan mata juling ikan arwana.

Kebanyakan penyakit mata ikan arwana adalah DE, kalau iya coba kasih bola ping pong / balon ajaib deh, dan usahakan kasih makannya yang ngambang seperti jangkrik atau kecoa supaya tetap fokus melihat keatas. Coba selama 3 bulan. Operasi adalah jalan terakhir kalau semua alternatif pengobatan belum berhasil.

Mata ikan arwana drop eye

Kemudian kalau misalnya mau operasi sendiri yang disayat pakai gunting adalah kelopak mata bagian atas dimana lemak mengganjal dan kemudian dibersihkan pakai pinset, setelah itu mata aro ditekan kedalam perlahan. Tapi harus hati-hati ya.

O iya, jangan lupa bius total - kiret dikit kelopak mata bagian bawah - nanti bakal muncul semacam nanah putih dibagian bawah mata - bersihin - InsyaAllah sembuh. Obat biusnya bisa di beli di toko ikan, tapi kalau sekelas ikan cupang ya bisa dibius pakai es batu/pakai tembakau, tapi cuma sebentar pingsannya.

Gambar di bawah ini adalah gambar sebelum dan sesudah mata arwana dioperasi. LIHAT HASILNYA. Cara mengatasi drop eye pada ikan arwana.

Arwana sebelum operasi DE

Arwana setelah operasi DE

Terus tidak semua penyakit mata ikan arwana perlu dilakukan operasi. Misalnya untuk mata aro berkabut yang disebabkan jarang ganti air, penanganannya coba rajin gosok tank ganti air dan media filter dibersihkan. Karena kadang masalahnya bukan di aro sendiri tapi dari kualitas air yang mulai jelek/butek.

Jadi kesimpulannya untuk cara mengobati mata ikan arwana turun jangan buru-buru operasi.
  1. Treatmen yg pertama. Di pindah ke kolam (butuh waktu lama), 
  2. Yang kedua tutup permukaan tank full samping depan dan blakang lalu di kasih bola plastik mainan agar ikan terpancing untuk melihat ke atas (waktu lama), 
  3. Sering membersihkan kotoran yang mengendap di bawah agar tidak terpusat selalu melihat ke bawah, 
  4. Yang terakhir operasi mata.

Memang kenyataan ikan arwana dipelihara dalam tank cepat atau lambat pasti DE. Nikmati saja keindahan ikannya. FYI biaya operasi mata arwana 1jt/ekor, jadi sangat tidak direkomendasikan bro. Selain risiko cacat ya mahalnya itu, mending beli lagi saja. Wajarlah, karena biaya belajar operasinya juga mahal.

Kalau penyakit mata ikan arwana yang butuh obat, biasanya obat mata ikan arwana berkabut/katarak. Paling dikasih garam inggris saja. Atau rebusan daun ketapang. Caranya rebus daun ketapangnya, asal sudah kelihatan coklat angkat, dinginkan dulu lalu masukin air rebusannya ke tank. Kurangi juga volume air di tank sebelum dimasukin air rebusan daun ketapangnya. Kasih heater juga.

Baca juga artikel sebelumnya, obat mata katarak / berkabut ikan arwana. Di artikel tersebut sudah lengkap kap.

Kalau dari pengalaman saya ikan arwana katarak, pakai obat biru saja (metaline blue), dijamin joss, pengalaman pribadi, gak repot + murah. Pakein 5 tetes saja + garam ikan kalau ada. Ada yang pakai obat Ridd all aro spesial juga, di grup2 aro banyak yang jual. Atau bisa juga pakai Pomate.

Atau kalau penyakitnya disebabkan karena jamur, rutin ganti air saja 2-3hari sekali atau seminggu 2x, Nanti ilang lama-lama.

obat mata Rid all arowana spesial

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post