Saturday, February 2, 2019

Jadwal Pemberian & Dosis Obat Cacing untuk / pada Kucing

Kucing bermain di rumput
Saya tau kalau kucingku cacingan itu pas anaknya muntah ada cacingnya. Tapi juga terkadang kucing cacingan tidak memperlihatkan tanda-tanda, kecuali jika sudah mulai banyak. Tanda yang paling mudah dilihat di mata onty & ongkel. Biasanya selaput putih sudut mata meninggi dan menutupi sebagian mata. Kalau sudah parah biasanya muntah atau pup disertai segmen-segmen dari cacing.

Pemberian obat cacing kucing biasanya 3 bulanan untuk kucing dewasa 8bln-1th up sesuai berat badan (bb). Sedang untuk kitten 2-7bln rutinitas 1bln 1x sesuai BB kucing. Tapi kalau kucing rumahan lebih aman obat cacingpun bisa mundur asal makannya terjaga.

JADWAL PEMBERIAN OBAT CACING pada KUCING

  1. Anakan umur 6-12 minggu : 2 minggu sekali sampai umur 12 minggu
  2. Lebih dari 12 minggu : 3 bulan sekali
  3. Induk menyusui : 2 minggu setelah melahirkan , dan setiap 2 minggu sampai lepas sapih untuk kontrol Taxocara cati.

Berikan obat cacing sesuai dosisnya dan yang aman khusus bagi kitten dan indukan hamil menyusui, recomended untuk obat cacing yang aman bagi kitten dan indukan hamil menyusui adalah vitaminthe dari virbac.

Untuk obat cacing bagi adult tidak dalam keadaan hamil bisa memakai drontal cat, caniverm ( dosis caniverm per tabnya untuk 10kg BB), biaverm, cat worm , dll.

Ada beberapa kucing yang bereaksi muntah cacing setelah dikasih obat cacing. Dan biasanya pas cacingnya dimuntahkan sudah dalam keadaan mati. Pengalaman kucing aku dikasih combantrin, selang 4 jam muntah ada cacingnya, terus pup juga keluar cacing, ini kucing memang baru pertama kali aku kasih obat cacing.

Kucing memang rawan sekali cacingn, apalagi kucing kampung yang sukanya outdoor kaya kucing saya. Aanakn tertular bisa lewat asi induknya. Kalau untuk kucing outdoor ga perlu 2 3bln baru dikasih lagi, tapi sebuln sekali juga ga apa-apa.

Pemberian obat cacing kucing lebih mudah lewat samping. Jadi kalau ngasih obat di pinggir mulut, bukan di depan, itu juga kaya drh nya yang bilang lebih baik, kalau campur sama air dikit supaya cepet larut ke mulutnya.

Terus kalau kucinganya ga ada ciri-ciri cacingan boleh gak dikasih obat cacing? Terus dosisnya berapa?  Boleh, malahan obat cacing itu wajib, karena cacingan juga bisa menyebabkan kematian kalau cacingannya sudah parah, kasih drontal cat ada di petshop dosisnya sesuai dengan berat badannya, dikasih 3 bulan sekali

Berarti ga harus nunggu kelihatan cacingan baru diberikan ya onty. Jadi harus rutin dikasih obat cacing walaupun terlihat sehat untuk pencegahan.

Untuk drontal, kitten ataupun dewasa bisa semua, dosis disesuaikan dengan berat badan, 1 tablet itu untuk berat 4kg kucing, jadi disesuaikan saja. Jadi kalau kucing berat 2 kg cukup 1/2 tab saja. Sisanya untuk kucing lain. Drontal Cat ada di Petshop disini 1 tablet harga +/- 20.000.

Tapi kalau kucingnya masih bayi sebaiknya kasih combantrin dulu saja. Karena kucingku kemarin yang anakan baru 23 hari disaranin pakai combantrin, dosisnya di saranin dokter hewan 0.2 s/d 0.3 ml saja.

O ya drontal cat tidak boleh diberikan kalau kucing lagi hamil dan menyusui, pas umur anaknya sudah 2 bulan baru boleh dikasih drontal cat si induknya.

Terus usia berapa kucing masih dikatakan kitten? Usia 6 bulan ke atas sudah bukan kitten. Jadi kalau mau diberi obat cacing lebih baik beri Drontal cat yang khusus kucing. Karena Combantrin tidak bisa membunuh cacing pita. 1 tablet untuk 4 kg BB, jadi timbang dulu lalu tinggal dibagi.

Kemudian pemberian obat cacing itu lebih baik diulang 2 mgg setelah pemberian awal, untuk mengantisipasi menetasnya cacing baru dari telur-telur. Lalu diulang 3 bulan kemudian dengan cara yang sama juga.

Salam meong, bagaimana pengalaman onty dan ongkel??

4 comments:

  1. Ka aku baru mau nyoba ,pake combantrin ,kalo obatnya dicampur sama makanan nya gimana ? Aku beli combantrin yang tablet buat kucing dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau aku combantrin anak pake nya cuman buat bayi kucing.klo dewasa gak mempan kak, harus pke obat cacing kusus kucing sprti drontal.

      Delete
  2. Kak, dibawah 6minggu ga bisa dikasih obat cacing ya?

    ReplyDelete
  3. Permisi kak, mau tanya jarak pemberian obat cacing sebelum kucing dikawinkan itu berapa hari? Ini punya saya saking birahinya saya kasih obat cacing (dro*tal) dan kawin pada hari yang samas apakah ada pengaruh untuk kehamilan. ?

    ReplyDelete

Cari di Blog ini

Artikel Lainnya

Powered by Blogger.